Menikmati Pesona Danau Toba Dari Balige

Menikmati Pesona Danau Toba Dari Balige. Danau Toba berada di provinsi Sumatera Utara – Indonesia. Terbentuk dari letusan dahsyat gunung berapi lebih dari 75 tahun lalu yang tercatat sebagai letusan gunung api terbesar dalam 2,5 juta tahun terakhir. Volume abu vulkanik yang dikeluarkan mencapai 2.800 kilo meter kubik menyebar ke Laut China Selatan hingga Laut Arab. Pembentukan Danau Toba adalah salah satu keajaiban dunia yang tidak pernah habis secara ilmiah.
Menikmati Pesona Danau Toba Dari Balige

Saat ini letusan dahsyat itu menghasilkan keindahan alam yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Salah satunya adalah melalui Balige yang merupakan ibu kota kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Tampak bukit-bukit landai dengan pepohonannya yang hijau mengelilingi Danau Toba. Permukaan air yang tenang memantulkan sinar matahari pada pagi dan sore hari. Bila ingin menikmati suasana pantai, wisatawan dapat pula mengunjungi tepi danau yang memiliki hamparan pasir putih seperti Tara Bunga, Meat dan Lumbun Bulbul.

Di Balige jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Tobasa yang unik. Salah satunya adalah dali no horbo, susu kerbau yang dimasak dengan bahan tertentu hingga mengeras seperti kembang tahu. Ada pula mi gomak, mie berukuran besar yang disajikan dengan sayuran serta saus kental yang terbuat dari campuran kelapa, santan dan cabai. Nikmati pula kenikmatan ikan pora-pora, sejenis ikan air tawar berukuran kecil yang banyak ditemui di muara sungai tobasa.
Untuk menuju Balige dari bandar udara Kuala Namu Medan bisa ditempuh melalui jalan darat selama 5 jam melalui Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat. Sedangkan bila jalur udara dari Kuala Namu menggunakan pesawat perintis mendarat di Bandara Silangit – Tapanuli Utara. Dari Bandara Silangit hanya menempuh waktu 30 menit saja ke Balige.

Demikian artikel Menikmati Pesona Danau Toba Dari Balige. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan sahabat. Terima kasih