Menjelajah Gua Barat Di Kebumen Jawa Tengah Indonesia

Menjelajah Gua Barat Di Kebumen Jawa Tengah Indonesia. Hallo petualang sejati yang menyukai penjelajahan gua. Di Indonesia tepatnya di desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen  Jawa Tengah terdapat sebuah gua yang menawarkan stalagmit (batu di lantai gua yang terbentuk oleh tetesan material) dan stalaktit (kapur yang tumbuh di dinding gua) yang sangat indah dan menawan bernama Gua Barat yang meliuk di dalam perut karst. Sungai bawah tanah ini berundak ratusan jeram. Gemuruh dan hembusan angin menyerupai suara helikopter. Inilah gua yang sangat direkomendasikan bagi anda pecinta olehraga wisata nonmainstream.
Menjelajah Gua Barat Di Kebumen Jawa Tengah Indonesia
Nama Gua Barat sesuai dengan karakter alamiahnya. Barat dalam bahasa jawa berarti angin. Di mulut gua kerap berembus angin kencang dari arah dalam. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara antara di dalam dan luar gua. Derasnya air lalu mendorong angin dari dalam menuju arah luar. Gua Barat memiliki sekitar 100 air terjun dengan ketinggian bervariasi mulai dari 1 meter hingga 30 meter. Jeram-jeram itu ada di ruas 2 kilometer terakhir menuju Jump Ulyses hingga Muddy Passage. Untuk menjelajahinya diwajibkan menggunakan jasa pemandu yang disediakan oleh pengelola berikut dengan peralatannya seperti helm, pakaian khusus, sepatu boat dan head lamp.
Untuk menuju ke Gua Barat jika naik pesawat turun di Yogyakarta lalu melanjutkan perjalanan ke lokasi dengan memakan waktu sekitar 3 jam. Sedangkan bila menggunakan jasa kereta api dapat turun di Stasiun Purwokerto atau Stasiun Gombong. Masalah penginapan tidak perlu khawatir karena selain di kota Gombong juga tersedia rumah penduduk setempat yang dijadikan sebagai penginapan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi gua barat adalah saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober.
Demikian artikel Menjelajah Gua Barat Di Kebumen Jawa Tengah Indonesia. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan bagi kita semua. Terima kasih