Wisata Hutan Tropis Cikaniki Citalahab Bogor

Wisata Hutan Tropis Cikaniki Citalahab Bogor. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu tempat wisata menarik di Jawa Barat yaitu Hutan Cikaniki Citalahab yang terletak di perbatasan kabupaten Bogor dan Sukabumi. Hawa sejuk langsung akan menyapa kita sesampai di sana. Kesejukan akan semakin terasa dengan naungan ratusan pohon raksasa seperti rasamala, puspa, beunying, atau kimokla yang tumbuh alami di kanan kiri jalan setapak yang kita lewati.
Wisata Hutan Tropis Cikaniki Citalahab Bogor
Cikaniki – Citalahab merupakan kawasan hutan tropis yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kondisi hutannya masih sangat terjaga walaupun salah satu sisi nya berbatasan dengan perkebunan teh peninggalan jaman Belanda dan pemukiman penduduk. Terdapat belasan rumah di desa wisata ini yang menyewakan kamar penginapan dengan harga terjangkau. Kita hanya dikenakan tarif 100,000 saja untuk bermalam di kamar yang dilengkapi dengan 2 tempat tidur. Ada tambahan biaya sebesar 75,000 untuk makan dan camilan. Untuk pemandu ongkosnya adalah 100,000 per hari.
Cikaniki – Citalahab menawarkan bermacam jenis wisata mulai dari jalan-jalan menembus hutan sembari mampir ke beberapa air terjun atau curug. Bila beruntung saat trekking kita akan menjumpai owa jawa, lutung dan surili yang sedang bercengkerama dengan bergelantungan dari pohon yang satu ke pohon yang lain.
Jaraknya yang tidak begitu jauh dari ibukota Jakarta menjadikan kawasan hutan wisata Cikaniki – Citalahab tujuan wisata alam menjadi pilihan yang sesuai. Tidak hanya wisatawan domestik para turis asing pun banyak yang mengunjungi tempat wisata ini terutama dari Eropa.
Demikian artikel Wisata Hutan Tropis Cikaniki Citalahab Bogor. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata mengisi waktu liburan anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih