Gunung Penanggungan Indonesia | Koleksi Candi Peradaban Hindu Budha

Gunung Penanggungan Indonesia | Koleksi Candi Peradaban Hindu Budha. Gunung Penanggungan berada di perbatasan Pasuruan dan Mojokerto Jawa Timur, Indonesia.
Gunung Penanggungan Indonesia | Koleksi Candi Peradaban Hindu Budha
Di sepanjang lereng Gunung Penanggunan tersebar bermacam peninggalan sejarah yang berasal dari peradaban Hindu dan Budha sekitar abad 10 hingga 16 masehi. Saat itu gunung ini disebut Pawitra. Salah satu peninggalan tertua di sini adalah pemandian Jalatunda yang diperkirakan berasal dari tahun 977 masehi. Letaknya di kaki penanggungan yang dipercaya sebagai air keabadian.
Gunung Penanggungan ini sering dijadikan oleh orang-orang yang akan melakukan meditasi atau bertapa. Hal ini tidak terlepas dari kharisma gaib yang dimilikinya. Puncak gunung nya bulat, gundul dan berbukit-bukit yang oleh masyarakat Jawa kuno dianggap mirip  puncak gunung suci di India. Terdapat sekitar 80 peninggalan sejarah ditemukan mulai dari kaki hingga puncak gunung ini. Punden berundak, gua pertapaan hingga candi-candi kecil  dengan berbagai arca dan pahatan batu.
Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1653 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan 30 sampai 70 derajat. Pendakian menuju puncak biasanya melalui rute Trawas di Mojokerto atau lewat jalur Jalatunda di Desa Seloliman. Jalur ini lebih curam akan tetapi banyak candi yang ditemukan sepanjang jalur ini seperti candi lurah, guru, gentong, dan carik.

Demikian artikel Gunung Penanggungan Indonesia | Koleksi Candi Peradaban Hindu Budha. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih