Jalan-Jalan ke Simpang Lima Semarang

Jalan-Jalan ke Simpang Lima Semarang. Simpang Lima adalah Lapangan Besar yang ada di pusat kota Semarang Jawa Tengah. Tempat ini  adalah sebuah objek wisata walaupun hanya sebuah lapangan. Simpang Lima juga bisa disebut Lapangan Panca sila. Simpang Lima adalah pertemuan  dari lima jalan, yaitu Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada, dan Jl. Ahmad Dahlan. Di sekitarnya berdiri hotel-hotel berbintang dan pusat perbelanjaan. Di antaranya Hotel Ciputra, Hotel Horison, Hotel Graha Santika, Mall Ciputra, E Plaza, Plaza Simpang Lima, dll.
Ketika mudik, Saya dan keluarga saya ingin pergi ke Surabaya. Kita berangkat sebelum sahur, kira-kira sekitar jam empat lebih lima sampai dua puluh menit. Kita sahur di perjalanan, karena masih di bulan Ramadhan. Sebelum ke Semarang, saya pergi dahulu ke rumah nenek di  Surabaya. Saya pergi ke Semarang karena ketika pulang dari Surabaya akan melewati Simpang Lima. Ketika di Surabaya, Saya bertemu dangan nenek, Pakde, Om, Tante, Bukde, dan sepupu-sepupu saya. Kita tertawa, bercanda, dan membuat ketupat bersama. Rendang dan opornya pun enak sekali. Kita semua bahagia.
Kita pun mengucapkan salam kepada semuanya. Kita Sebenarnya tidak berminat jalan-jalan ke mana lagi, tapi karena waktu hampir malam, kita pun menginap di sebuah hotel yang bernama WHIZ Hotel. Hotel ini juga dekat dengan Simpang Lima, bapak saya berkata, ”Gimana kalo ke Simpang Lima dulu, biar refreshing  dulu. Kan pada capek. Gimana?”. Akhirnya pun semuanya setuju.
Ketika kita sampai disana, macet sekali! Sebelum sampai pun sudah macet karena ada perbaikan jalan, jadi kami harus pergi ke jalan yang lain. Parkirnya juga penuh, jadi kami harus pakir di sebuah Mall. Itu pun di tingkat yang tinggi sekali. Untungnya ada lift, jadi kami turun dengan tenang. Disana pun ramai. Banyak yang mengendarai sepeda hias, sepeda roda dua, roda tiga, roda empat, bahkan roda lima. Adikku sangat senang ketika kami sampai disana. “Gede banget!”, kata adikku. Adikku pun berlari-lari  melewati keramaian. Di sekitar Simpang Lima, banyak restoran-restoran kecil. Ya bisa dibilang tempat makan seperti pecel lele. Di sana kami makan nasi gandul, tahu petis, tahu gimbal, dll. Walaupun di sana tidak terlalu bersih, tetapi makanannya enak.
Keesokan harinya, kami pun pulang dari Semarang. Kami akan mengenang ini. Sekian dari saya, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Penulis : AJI ANDHIKA FALAH
Siswa kelas IX – 3
SMP AL AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG
BOGOR – JAWA BARAT