Liburan Heboh Bersama Keluarga Ke Baturaden Purwokerto

Liburan Heboh Bersama Keluarga Ke Baturaden Purwokerto. Liburan kali ini sangat berkesan dan membekas di hatiku. Libur kali ini sangat panjang karena libur bulan puasa dan libur kenaikan kelas di gabung. Di awal liburan aku menghabiskan waktu dengan mengikuti pesantren kilat di dekat rumahku. Aku belajar mengaji di sana selama sepuluh hari. Aku berencana mudik bersama keluarga pada saat puncak lebaran yaitu tanggal satu Juli.
 Aku dan keluargaku berencana mudik saat puncak lebaran karena aku harus menyesuaikan jadwal ayahku. Aku mudik ke Purwokerto tempat nenek dan kakekku tinggal. Aku berkemas untuk mudik besok, Ibu sibuk berkemas dan menata oleh-oleh untuk keluargaku. Keesokan harinya aku bersiap untuk mudik menggunakan mobil. Aku berangkat dari Jakarta pada siang hari. Saat aku berangkat Jakarta sangat macet tapi untunglah sehabis itu jalanan mulai lancar.
Mudik menggunakan mobil memberikan kesan tersendiri bagiku. Mudik bersama keluarga sangat mengasikan. Di jalan aku melihat mobil-mobil yang mudik. Di mobil aku dan keluargaku bernyanyi bersama. Tak terasa adzan magrib terdengar dari radio, akhirnya kami berbuka di jalan. Kami sudah meyiapkan bekal sehingga kami tidak berhenti di rest area. Jalanan lancar, tapi ternyata di Bumiayu jalanan macet karena kepadatan di pertigaan sehingga jalan jadi mengunci. Kita terjebak macet selama dua jam. Ayahku menemukan jalan pintas, jadi perjalanan menjadi lebih mudah. Sehabis kemacetan di Bumiayu jalan menjadi normal kembali.
Aku sampai di Purwokerto jam sebelas lewat empat puluh lima menit. Sampai di sana aku bertemu kakek dan nenek. Kami pun mengobrol tentang perjalanan tadi. Aku sangat senang melihat kakek dan nenekku. Aku sangat merindukan mereka.Keesokan harinya aku sahur, nenek menyiapkan menu yang sangat spesial. Paginya  tante, om, dan sepupu sampai ke rumah nenek, mereka dari Semarang. Aku sangat rindu dengan sepupuku yang masih kecil dan imut.
Kakek dan nenek mengajak kami ke Baturaden. Dari rumah nenek  ke Baturden memakan waktu satu jam untuk sampai di sana. Baturaden itu sama seperti puncak di Bogor. Sampai di sana kami harus membayar tiket masuk. Setelah masuk, kita di sambut dengan musik tradisional. Kemudian aku jalan ke dalam sebentar dan mataku langsung disuguhkan dengan pemandangan yang indah berupa air terjun yang sangat indah. Air terjun cukup tinggi. Air nya pun sangat jernih.
 Aku pun mencelupkan kaki ku ke air dan WOW! Airnya sangat dingin dan menyegarkan. Ini sangat menyegarkan apalagi saat di tengah teriknya matahari dan sedang berpuasa. Aku dan sepupuku yang masih kecil bermain-main disana. Kita memang diperbolehkan untuk bermain-main di air terjun itu. Lalu itu aku membersihkan diri dan istirahat. Tak lama, aku berjalan sebentar dan aku melihat nikmat Allah yaitu muncul nya pelangi di air terjun itu. Itu sangat indah sekali. Menurutku itu pemandangan yang sangat jarang di temukan. Lalu aku selfie  dan mengambil beberapa gambar air terjun itu. Purwokerto kota kecil tapi sangat lengkap dan unik di dalamnya, kata-kata itu yang aku pikirkan selama di Purwokerto. Selepas itu aku pulang ke rumah. Di jalan aku ke toko roti yang jadul, itu toko roti favorit nenekku. Aku membeli beberapa roti untuk berbuka. Rasa roti itu sangat jadul dan enak, bukan seperti roti pada umumnya kebetulan aku membeli pas dengan rotinya matang.  Sampai di rumah aku menyiapkan buka puasa. Adzan magrib pun terdengar dan kami segera berbuka. Aku sangat senang dapat berkumpul dengan keluarga ku.
 Tapi liburan ku tidak sampai disitu, dari purwokerto aku melanjutkan perjalan ke Surakarta atau Solo, Semarang lalu ke Cimahi – Bandung. Aku lebaran di Surakarta. Di Semarang aku bersilaturahmi dengan saudaraku. Liburan ku ditutup dengan menghadiri reuni ayahku di Cimahi-Bandung. Awalnya aku berpikir reuni itu tidak akan seru tapi ternyata reuni itu sangat seru. Aku melihat banyak tenda dan barbeque di reuni ayahku.  Aku juga banyak mendapat teman baru disana. Sayangnya, setelah itu aku harus pulang ke Bogor. Aku sangat senang karena aku menghabis kan liburanku dengan hal-hal yang menyenangkan.
Penulis : ALDA PUTRI KINTANA
Siswa kelas IX – 3
SMP AL AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG
BOGOR – JAWA BARAT