Menyusuri Ukiran Sejarah Patriotisme Arek-Arek Suroboyo

Menyusuri Ukiran Sejarah Patriotisme Arek-Arek Suroboyo. Kota Surabaya yang merupakan ibukota Jawa Timur memiliki sebuah pahatan sejarah yang luar biasa dalam sejarah merebut dan mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia sehinnga mendapat julukan sebagai kota pahlawan yang diilhami oleh perjuangan para arek-arek Suroboyo dengan komando Bung Tomo. Kita yang saat ini hidup di jaman kemerdekaan berkewajiban untuk mengisinya dengan memberikan  konstribusi kepada bangsa ini dengan hal-hal yang positif dan berguna. Tidak hanya sekedar menikmatinya saja.
Menyusuri Ukiran Sejarah Patriotisme Arek-Arek Suroboyo

Juga yang tidak boleh penting adalah tidak boleh melupakan jasa para pahlawan yang dengan tanpa pamrih menyerahkan jiwa dan raga nya kepada tanah air tercinta Indonesia. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghargai para pembela bangsa dan negara ini. Salah satunya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menyimpan sejuta makna dari perjuangan para pahlawan.

1.  Monumen Bambu Runcing
Sebuah monumen yang melambangkan keberanian para pahlawan dengan hanya bambu runcing mampu mengalahkan para penjajah yang menggunakan senjata modern. Monumen in terletak di jantung kota Surabaya tepatnya di jalan jenderal Sudirman.

2. Monumen Jenderal Sudirman
Seorang tokoh besar perjalanan sejarah bangsa dengan strategi perang dan memimpin langsung para tentara untuk mengusir penjajah. Terletak di jalan Yos Sudarso.

3. Monumen Gubernur Suryo
Merupakan gubernur pertama Jawa Timur yang menjadi salah satu tokoh kunci dalam peristiwa 10 November 1945. Berikut petikan kalimat beliau yang mampu membangkitkan semangat rakyat Surabaya: “Berulang kali telah kita kemukakan bahwa sikap kita ialah lebih baik hancur daripada dijajah kembali. Juga sekarang dalam menghadapi ultimatum pihak Inggris kita akan memegang teguh sikap ini. Kita tetap akan menolak ultimatum itu”.
Dan juga beberapa situs sejarah lainnya di kota Surabaya seperti Tugu Pahlawan Surabaya, Jalan Tunjungan, Gedung Grahadi, Jembatan merah atau Museum WR. Soepratman.
Kunjungi juga Ciputra Waterpark atau Kenjeran Waterpark saat kita berada di Surabaya.

Demikian artikel Menyusuri Ukiran Sejarah Patriotisme Arek-Arek Suroboyo. Semoga bermanfaat dan terima kasih.