Sekilas Tentang Asal-Usul Danau Toba Sumatera Utara

Sekilas Tentang Asal-Usul Danau Toba Sumatera Utara. Danau Toba adalah salah satu tempat yang pernah saya kunjungi. Danau Toba hanyalah sebuah danau tekto – vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan 30 kilometer yang terletak di provinsi Sumatra Utara. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan super volcano (gunung berapi super) yang paling baru.
Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Nah, itulah sekilas sejarah Danau Toba. Banyak cerita atau dongeng yang beredar di masyarakat tentang asal usul terbentuknya Danau Toba. Terlepas benar atau tidaknya kisah tersebut itu kembali lagi kepada kita semua.
Selain destinasi wisata Danau Toba, ada lagi tempat wisata yang lebih menarik yaitu Pulau Samosir. Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatra Utara. Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas kabupaten Toba – Samosir. Untuk pergi ke sana kita harus membutuhkan perahu besar menyeberang.  Selain itu, di sana juga ada permainan perahu air. Dan danau toba dapat dilihat dari desa Tongging. Dan itulah cerita tentang tentang Danau Toba.
Simak juga menarik tentang Danau Toba di artikel MenikmatiPesona Danau Toba Dari Balige.
Penulis :
Siswa kelas IX – 3
SMP AL AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG
BOGOR – JAWA BARAT