Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung

Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung. Itulah pertanyaan yang sering muncul di benak saya tentang sebuah objek wisata alam bernama Tebing Karaton yang terletak di Bandung Jawa Barat tepatnya di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial atau banyak yang menyebut  daerah Dago Pakar. Ada ada yang komen luar biasa, menakjubkan, luar biasa tapi banyak juga yang bilang biasa aja. Nah ini yang bikin penasaran untuk datang ke sana langsung.
Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung

 

Kita berangkat 7 orang dari rencananya 15, yang delapan lagi ternyata omdo alias omong doang. Dari Bekasi kami mulai meluncur jam 11 malam dengan maksud dapat sun rise alias matahari terbit di sana. Namun mobil nya ternyata ngadat kepanasan yang membuat kita harus berhenti dulu di rest area. Mau tidak mau kita cuma bisa menyaksikan matahari terbit tol Cipularang. Syukurlah mobil masih bisa kompromi dan kami dapat melanjutkan perjalanan membelah kota Bandung menuju Dago Pakar. Setelah sampai di lokasi, diputuskan mobil parkir di bawah aja ngga usah ke puncak karena tidak mau ambil resiko. Dari parkiran bawah ke atas memang cuma sekitar 4 kilometer tapi tajamnya tanjakan yang bikin ngeri.
Kaum ibu penduduk setempat yang baru pulang mengambil rumput untuk ternaknya
Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung
 
Pemandangan desa saat menuju ke puncak
Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung
 
Dari sini kita dapat naik ojek yang tarifnya sekitar 50,000 untuk pulang pergi. Tapi karena bukan ojek online maka silahkan untuk tawar menawar biar dapat harga pas.
Akhirnya kita sampai di atas, tuh ada penunjuk arahnya
Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung
 
Foto dulu di prasasti peresmian tebing karaton oleh gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan pada tanggal 2 Mei 2016.
Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung

 

 Dalam sambutannya beliau mengharapkan kawasan Tebing Karaton akan tetap menjadi hutan konservasi tanpa mengubah kegunaannya menjadi hutan produksi. Namun tetap dapat memberikan manfaat baik pendidikan maupun ekonomi. Untuk ke depan nya objek wisata ini dapat dikembangkan menjadi wisata minat khusus untuk education, penelitian, olahraga dan tentu saja pariwisata.
Yap akhirnya sampai juga di Puncak Tebing Karaton yang dulunya menurut penduduk setempat bernama Tebing Jontor.
Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung

Setelah puas berada di Puncak Tebing Karaton, selain matahari yang sudah meninggi juga pengunjung mulai ramai sehingga kurang begitu leluasa untuk berfoto atau sekedar bersantai. Kami pun memutuskan untuk turun namun bukan untuk pulang karena beberapa objek wisata menarik di kota Bandung telah menanti kami yaitu Kawah Putih dan Tangkuban Perahu

Kesan dari pengalaman jalan-jalan ke Tebing Karaton Bandung adalah spektakuler. Selain memang pemandangan di tebing nya juga perjalanan menuju puncaknya yang penuh cerita.

Demikian artikel Apa Sih Istimewanya Tebing Karaton Bandung. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih dan sukses selalu buat Teguh, Awal dan Sugi.