Berkemah Di Taman Wisata Hutan Lindung Gunung Halimun Bogor

Berkemah Di Taman Wisata Hutan Lindung Gunung Halimun Bogor. Pada hari Sabtu dan Minggu, aku mengikuti kegiatan perkemahan SMAN 1 Cileungsi. Karena Mamaku adalah salah satu guru dari sekolah itu. Siswa-siswa yang mengikuti perkemahan itu cukup banyak sekitar 320 siswa. Tempat perkemahannya di Hutan Lindung Gunung Halimun lebih tepatnya di Pusdiklatpur. Tempatnya dekat dengan Gunung Salak dan Gunung Bundar. Tempatnya juga menarik. Perjalanan ke sana sebenarnya cukup dekat kalau dari rumahku, mungkin kalau lancar hanya memakan waktu 2 jam. Tetapi karena aku dan Mamaku berangkat pada akhir pekan jalanan macet dan memakan waktu 3 – 4 jam. Aku berangkat pukul 7 pagi dan sampai di sana pada pukul 10 pagi. Di perjalanan saat sudah ingin sampai udaranya sangat sejuk dan dingin. Jadi bila bepergian ke sana menggunakan mobil tidak perlu menggunakan AC dan cukup membuka kaca karena udara yang segar itu dapat membuat pikiran tenang, dan juga sekarang ini sangat susah untuk mendapat udara segar di kota-kota.
Berkemah Di Taman Wisata Hutan Lindung Gunung Halimun Bogor

Sebelum Gunung Halimun tersebut terdapat Pura terbesar se-Asia Tenggara. Di tempat itu terdapat hotel bagus. Dan juga banyak villa-villa bagus, namun jika menginap di sana jaraknya masih terlalu jauh jika ingin ke Gunung Halimun nya. Kalau ingin menginap lebih baik menginap di villa di dalam wisata hutan lindungnya, villanya juga cukup bagus. Pada saat sampai di sana kita akan melewati tulisan “Selamat Datang di Taman Wisata Hutan Lindung Gunung Halimun” .

Dari tempat pembayaran ke Pusdiklatpur cukup jauh, mungkin memakan waktu 15-20 menit. Di dalam Hutan Lindung itu banyak pohon-pohon tinggi. Ada air terjun juga, dan beberapa villa. Karena tempat itu sering ramai maka banyak pedagang di pinggir jalan. Ada yang berdagang jagung bakar, sosis bakar, warung nasi, mie instan, dan minuman-minuman hangat. Kemarin pada saat aku ke sana ada yang sedang lomba marathon, mungkin karena tempatnya yang indah dan segar makanya di adakan di sana. Tidak jauh dari letak air terjun

Berkemah Di Taman Wisata Hutan Lindung Gunung Halimun Bogor
Di Pusdiklatpur terdapat lapangan besar yang dijadikan lapangan upacara pembukaan. Di dekat lapangan itu terdapat kolam renang. Kolam renangnya sangat bagus, meskipun airnya dingin tetap saja ada beberapa siswa yang berenang di sana. Di belakang tempat penginapan terdapat danau, di dalam danau itu banyak ikannya dan biasanya para tentara memancing ikan di situ. Dari danau akan terlihat air terjun yang sangat indah. Dari Pusdiklatpur juga terlihat beberapa puncak gunung, puncak gunung itu hanya terlihat saat siang hari, namun pada saat pagi dan sore hari puncak gunung akan tertutup oleh kabut.
Ternyata di sana ada beberapa hewan yang dibiarkan hidup bebas, dan aku melihat satu macam hewan itu adalah monyet. Monyet itu datang mendekat karena terdapat makanan di tempat ku menginap. Dan ternyata dari sebuah artikel yang aku baca menjelaskan bahwa banyak hewan-hewan lain seperti elang, harimau dan lain-lain, tapi aku baru melihat satu hewan saja di sana, yang lainnya tidak muncul.
Di Hutan Lindung Gunung Halimun sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang edukatif saat liburan. Atau mungkin sekolah-sekolah bisa melakukan observasi untuk siswanya dalam pelajaran Biologi atau Geografi misalnya. Tempat itu cukup berkesan buatku, dan juga tempat yang sangat indah.
Selain itu Bogor pun memiliki tempat wisata menarik lainnya yang harus kita kunjungi seperti Penangkaran elang di Cigombong , Hutan tropis Cikaniki Citalahab dan juga Pemandian Air Panas Ciparay.
Penulis :

Siswa kelas IX – 3

SMP AL AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG

BOGOR JAWA BARAT