Mengenal Lebih Dekat Tentang Lebah Madu

Mengenal Lebih Dekat Tentang Lebah Madu. Siapa pun pasti mengenal yang namanya madu. Cairan yang sangat banyak manfaatnya terutama bagi manusia baik dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi aneka minuman atau makanan. Madu dihasilkan oleh serangga yang bernama lebah. Namun ternyata tidak semua lebah akan menghasilkan madu. Oleh karena itu mari kita mengenal lebih jauh tentang hewan yang juga ditakuti oleh manusia karena sengatannya ini.
Dalam satu keluarga lebah yang disebut dengan koloni terbagi dalam 3 bagian yaitu ratu, lebah betina dan lebah jantan. Mereka memiliki tugas dan kewajiban masing-masing.
1. Lebah Ratu

Mengenal Lebih Dekat Tentang Lebah Madu

Ukurannya 2 kali lebih panjnag dan 3 kali legbih berat dari lebah betina. Ovarium lebah ratu berkembang sempurna dalam sehari dapat menghasilkan sekitar 2000 telur. Lebah ratu tidak memiliki beberapa hal penting seperti mememlihara keturunannya, menghasilkan wax, membuat sarang, dan mencari makanan.
Ia memiliki sengat selain sebagai senjata juga sebagai ovipositor yaitu saluran untuk mengeluarkan telur. Yang cukup unik adalah sengat ini hanya digunakan saat berhadapan dengan ratu lebah lainnya untuk memperebutkan kekuasaan dalam satu koloni. Karena dalam satu koloni hanya boleh ada satu ratu lebah saja.
2. Lebah Pekerja
Mengenal Lebih Dekat Tentang Lebah Madu
Lebah ini adalah lebah betina yang organ reproduksinya tidak sempurna. Semua aktifitas di sarang pasti melibatkan lebah pekerja.
3. Lebah Jantan
Mengenal Lebih Dekat Tentang Lebah Madu
Hanya memiliki satu tugas saja dalam hidupnya yakni mengawini ratu perawan. Bagi berhasil mengawini akan mati sedangkan bagi yang tidak berhasil akan kembali ke sarangnya. Lebah jantan tidak memiliki sengat, kantung pollen atau wax.

 

Demikian artikel Mengenal Lebih Dekat Tentang Lebah Madu. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih