25 Nama Nabi dan Rasul Yang Patut Diketahui

Nabi adalah seorang laki-laki yang dipilih oleh Allah SWT untuk menerima wahyu-NYA melalui malaikat Jibril AS untuk dirinya sendiri dan terkadang diperintah untuk menyebarkannya. Sedangkan rasul adalah seorang laki-laki yang dipilih oleh Allah SWT untuk menerima wahyu-NYA melalui malaikat Jibril AS untuk dirinya sendiri dan wajib untuk menyebarkannya.

 
Ada 25 nabi & rasul yang wajib kita ketahui:
25 Nama Nabi dan Rasul Yang Patut Diketahui
  1. Adam AS, merupakan nabi dan manusia pertama di muka bumi. Ditugaskan kepadanya agar keturunannya hanya menyembah Allah SWT. Namun ada yang taat dan juga yang membangkang.
  2. Idris AS, beliau adalah keturunan ke-6 nabi Adam. Memiliki keahlian dalam hal ilmu hewan. Wafat dalam usia 82 tahun di Mesir.
  3. Nuh AS,  terkenal dengan membuat bahtera  untuk mempersiapkan banjir besar yang maha dahsyat merupakan azab dari Allah SWT akibat kaumnya tidak mau taat dan melenceng dari akidah Islam. Termasuk puteranya yang bernama Kan’an yang mengingkarinya dan memilih menjadi kafir.
  4. Hud AS, diutus untuk memperbaiki moral kaum Aad yang menyembah berhala dan menerapkan hukum rimba. Akibat tidak mau bersujud kepada Allah SWT diturunkan azab berupa kekeringan dan angin topan yang memusnahkan mereka. Hanya kaum taat saja yang bertahan.
  5. Soleh AS, berdakwah di tengah-tengah kaum Tsamud yang durhaka. Kemurkaan Allah ditimpakan kepada mereka berupa gempa bumi
  6. Ibrahim AS, mendapat perintah khitan dan memperbaiki Ka’bah (baitullah). Beliau adalah nenek moyang bangsa arab dan keturunannya banyak yang menjadi nabi.
  7. Ismail AS, berkaitan dengan perintah menyembelih hewan qurban pada hari raya Idul Adha dan asal-usul ditemukan sumur zam-zam.
  8. Lut AS, merupakan  sepupu Ibrahim AS berdakwah untuk memperbaiki penyimpangan moral di kota Sadum, Yordania. Namun tidak berhasil malah justru istrinya pun termasuk yang menyimpang. Akibatnya ajab Allah menerpa mereka berupa hujan batu hingga mereka binasa.
  9. Ishaq AS, putra Ibrahim AS dari Siti Sarah. Arti dari Ishaq yaitu tertawa. Sebab Sarah tertawa mendengar kabar ia hamil padahal usianya saat itu 90 tahun
  10. Yakub AS, banyak melahirkan keturunan nabi dan raja. diantaranya nabi Yusuf AS
  11. Yusuf AS, pernah akan dibunuh oleh saudara-saudaranya yang iri namun berkat pertolongan Allah beliau selamat bahkan menjadi raja di Mesir
  12. Ayub AS, dikenal sangat taat dan ikhlas dalam menjalankan perintah Allah SWT sehingga iblis selalu menggodanya agar terjerumus ke jalan yang sesat. Walaupun diuji dengan berbagai cara namun hatinya tetap teguh.
  13. Zulkifli, nama aslinya adalah Basyar. Di sebut Zulkifli karena sanggup yaitu sanggup berlaku sabar, bila siang hari berpuasa dan malam hari beribadah.
  14. Sueb AS, sangat mahir dalam berdiplomasi, diperintah untuk berdakwah di daerah Maydan
  15. Musa AS, berdakwah di daerah Mesir yang dipimpin oleh raja Firaun.
  16. Harun AS, membantu dalam tugas kerasulan Musa AS
  17. Daud AS, mampu mengalahkan Jalut atau goliath yang badannya seperti raksasa. Menerima kitab Zabur dari Alllah SWT
  18. Sulaiman AS, mukzizatnya adalah mengerti bahasa binatang. Sangat arif dan bijaksana
  19. Ilyas AS, mendapat tugas untuk memperbaiki aqidah kaum bani israil yang menyembah ba’al
  20. Ilyasa AS, anak angkat dari nabi Ilyas AS dan meneruskan kewajiban ayahnya yang wafat
  21. Yunus AS, menghadapi kaum niwawa penyembah berhala.
  22. Zakaria AS, berperang dengan raja Hirodus karena perbedaan aqidah
  23. Yahya AS, merupakan putra satu-satunya Zakaria As.
  24. Isa AS, putra dari Maryam. Menerima kitab Injil dari Allah SWT
  25. Muhammad SAW, merupakan rasul terakhir sebagai penutup nabi dan rasul Allah SWT.
Dari 25 nabi ini ada 5 nabi yang mempunyai keistimewaan karena memiliki mukzizat. Mereka adalah Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad SAW. Nabi Nuh memiliki mukzizat yaitu selamat dari banjir dahsyat dengan membuat bahtera raksasa. Nabi Ibrahim mampu selamat dari kobaran api. Nabi Musa dapat membelah laut. Nabi Isa mampu menghidupkan orang mati. Sedangkan Nabi Muhammad memiliki mukzizat yang terbesar yaitu Al-quran. 
Demikian pengetahuan tentang 25 Nama Nabi dan Rasul Dalam Agama Islam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *