Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Saya ingin berbagi cerita tentang sekolah anak. Dimulai saat dia mengikuti Pendidikan Anak Usia dini atau biasa dikenal dengan PAUD. Saya memilih PAUD Nurul Fadillah yang letaknya di Jl Mawar 3, Rawa Bambu, Medan Satria, Bekasi Jawa Barat  karena lokasinya yang tak jauh dari rumah sehingga antar jemputnya tidak merepotkan. dan juga kualitas pengajarnya yang mumpuni ditambah lagi fasilitas yang diberikan cukup komplet.

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Yang membuat bangga adalah motivasi belajar anak saya cukup tinggi terkadang agak merepotkan juga. Maksudnya adalah menyelaraskan rasa keingintahuannya dengan dunia anak yang penuh keceriaan dan kegembiraan oleh karena itu saya agak membatasi untuk menghindari beban stress pada pola pikirnya. Oleh karena itu ketika teman-temannya masih belajar huruf, sang buah hati sudah lancar membaca dan menulis. Alhamdulilah.  Lalu mengapa harus masuk PAUD kalau sudah bisa semuanya? Alasan saya adalah agar dia dapat bersosialisasi, berkomunikasi dan bermain dengan teman-teman. Karena ada pendapat jangan lupakan juga otak kanan. Setelah 1 tahun di PAUD akhirnya anak saya lulus dan ini foto wisudanya

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Selepas PAUD maka sang anak melanjutkan pendidikannya di TK Darrurahman, perkembangan cukup pesat dan menonjol di antara teman-temannya. Oleh karena itu dia sering ditunjuk sebagai perwakilan sekolah di berbagai kegiatan. Sebuah kebahagiaan bagi saya dan bersyukur kepada Allah SWT karena dikarunia seorang anak yang cerdas dan berbakti kepada orang tua.  Ini foto bersama teman-temannya.

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Banyak kegiatan yang diikuti di TK antara lain:

Lomba Menyanyi Anak Taqwa di Ancol

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Lomba Manasik Haji

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Lomba Mewarnai

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain



Dan ini waktu aku wisuda TK

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Oh iya waktu acara perpisahan aku dipilih menjadi pembaca puisi lho, judul puisinya “Terima Kasih Guruku”, bangga bisa tampil di atas pentas

Sekolah Tempat Belajar dan Bermain

Inilah beberapa tips agar anak mau belajar. Ini berdasarkan pengalaman saya yang mungkin berguna bagi pembaca:

  1. Jangan dipaksakan, anda pasti tahu apapun segala sesuatunya bila dipaksaan tidak akan baik malah akan berakibat buruk. Ketika sang anak cenderung menolak atau tidak kondusif maka saya tidak akan menekannya mengikuti kemauan kita, ada saat-saat kondisi anak bosan dan jenuh.
  2. Belajar dan bermain, apa mungkin bisa sejalan? ini tergantung dari kreatifitas kita sebagai orang tua. ketika sang anak bermain saya coba selingi dengan hal-hal pelajaran. Contohnya ketika dia sedang asyik main masak-masakan, ayo hitung dulu sendoknya cukup apa tidak, ayo susun piringnya masing-masing dua.
  3. Jadikan rumah anda bernuansa pelajaran. Saat sang anak mulai belajar warna, dinding kamar saya penuhi dengan tempelan berbagai bentuk dan warna. Saat belajar angka maka dinding di penuhi angka-angka yang berukuran cukup besar begitu pula waktu mengenal huruf.
Sebenarnya cukup banyak metode atau trik agar anak mau belajar, ini hanya sekelumit saja sekedar berbagi bahwa mengajari anak belajar bukan hal yang sulit justru menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *