Berenang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berengan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Ternyata berenang merupakan salah satu dari tiga jenis olah raga yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW selain memanah dan berkuda. Karena mengandung aspek kesehatan, keterampilan, kecermatan, sportivitas dan kompetisi. Berenang dapat dilakukan di kolam renang, laut, sungai atau danau. Namun untuk lebih aman dan nyamannya lebih baik di kolam renang sebab kondisi dan kedalaman air kita telah mengetahuinya.

 

Berenang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Berbeda bila di laut, yang kondisi airnya ada arusnya dan kedalamannya pun kita tidak mengetahuinya bila kita belum mahir benar berenang akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti terseret ombak, tenggelam bahkan membahayakan nyawa kita.
Berenang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Belajar renang dapat dimulai sejak kanak-kanak bahkan ada juga yang sejak bayi. Beberapa manfaat berenang diantaranya adalah:
1. Melatih fungsi motorik anak, berenang menjadikan mereka menggerakkan seluruh anggota badan, baik kepala, tangan dan kaki sehingga semua terpacu
2. Berkembangnya kemampuan kognitif yaitu berpikir, belajar dan mencari solusi permasalahan. berpikir bagaimana mereka dapat melakukan renang yang baik. Belajar mengikuti perintah dari pembimbing renang. dan solusi memecahkan masalah.
2. Melatih keberanian, kendala utama pada renang adalah tenggelam. seorang anak yang melakukan renang akan terbiasa dengan tantangan agar tidak tenggelam sehingga ia akan terbiasa untuk menaklukan ketakutannya menjadi sebuah keberanian
3. Menjadikan jantung lebih sehat, jantung yang selalu dipompa dengan benar akan menjadi lebih sehat dan kuat. Renang adalah sarana yang paling efektif untuk mewujudkannya.
4. Mengurangi resiko diabetes, pembakaran tubuh yang berlangsung saat berenang menyebabkan lemak yang berlebih dan tidak sehat akan mengurai sehingga terhindar dari penyakit gula
5. Menyeimbangkan kolesterol,
6. Mengontrol berat badan
7. Media belajar disipllin, konsep dalam renang adalah teratur dan seimbang. gerakan yang dilakukan oleh perenang selalu sinkorn. Dengan selalu memahami falsafah ini sang anakpun akan menjadi disiplin dalam kehidupan sehari-harinya.

Walaupun renang sangat banyak manfaat dan kegunaannya namun perlu diperhatikan juga hal-hal pendukungnya. Jangan sampai bukan manfaat yang kita dapatkan justru kerugian karena melakukannya secara sembarangan. Sebelum melakukan renang isilah perut jangan sampai kosong agar tidak masuk angin namun jangan terlalu kenyang. Pemanasan harus dilakukan agar mengendurkan otot yang kaku agar tidak terjadi keram. Mandilah sesudah renang, karena air kolam pasti mengandung banyak kuman yang akan menyebabkan kerusakan pada kulit mereka.

Demikian artikel saya tentang Berenang dan Manfaatnya bagi Kesehatan. semoga bermanfaat dan menjadi acuan untuk anda dalam mengajarkan renang pada putra putri tercinta. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *