Kebon Binatang Ragunan | Wisata Murah Meriah

Aku mau ngajak teman-teman ke Kebon Binatang Ragunan | Wisata Murah Meriah yang terletak di daerah Pasar Minggu Jakarta Selatan. Untuk menuju ke lokasi objek wisata ini banyak alternatif kendaraan, baik kendaraan pribadi atau pakai kendaraan umum seperti busway / transjakarta, kereta api / commuter line (KRL) atau taksi. Banyak hal menarik di tempat wisata Ragunan ini, yang pertama tentunya melihat aneka ragam satwa dari ukuran kecil sampai ukuran besar.
Tempatnya yang sejuk dan asri karena masih banyak pepohonan di sana. Mengelilingi area wisata ini  tak akan terasa jadinya karena mata kita dimanjakan oleh tingkah polah satwa yang menggemaskan hati. Sebelum menjelajahi Ragunan, ada baiknya kita melihat peta lokasi satwa yang tersedia di pintu masuk, sehingga kita tidak bingung saat perjalanan. Lebih lengkap simak di  Peta Kebun Binatang Ragunan | Harga Tiket Masuk.

Di awal perjalanan kita di Ragunan akan disambut oleh para burung Pelikan yang berada di kolam. Di sini sangat bagus untuk pengambilan gambar atau berfoto. Manfaatkan tempat ini untuk dijadikan momen kenang-kenangan karena tamannya didesain sangat cantik dan indah. Bila anda beruntung burung Pelikan akan mendekati pagar dan memamerkan sayapnya yang terkembang.
Kebon Binatang Ragunan | Wisata Murah Meriah
Dibalik kenyamanan dan keasrian Ragunan, ada beberapa kekurangan yang kita hadapi.
1. Tukang Photo
Ada satu hal yang cukup mengganggu adalah para tukang jepret foto ‘profesional’ yang berkeliaran di gerbang masuk Ragunan ini, tanpa dimintapun mereka akan secara sukarela foto kita, namun permasalahan timbul begitu kita pulang lewat pintu gerbang tadi, mereka akan memaksa kita membayar foto hasil jeprat jepret tadi. Tip untuk anda: Jangan menjadi kita sebagai objek sudut kamera mereka, jalan agak kepinggir atau menjauh. Angkat 2 tangan anda menandakan anda menolak untuk difoto. Pamerkan kamera anda seolah olah anda sedang foto keluarga anda

2. Tukang sewa tikar

Hati-hati dengan jebakan mereka. Mereka akan menggelar tikar di tempat-tempat yang nyaman seperti di bawah pohon lalu mereka akan mengamati dari kejauhan, begitu kita duduk serta merta mereka akan meminta uang sewa tikar tersebut. Bahkan ada pula yang lebih canggih, mereka menggelar di dekat warung /tukang makanan, kita akan menyangka tikar tersebut fasilitas dari warung tersebut. Tip untuk anda:
Siapkan tikar atau alas dari rumah bisa berupa terpal yang dapat digunakan untuk bersantai di sana. Membeli tikar sekalian lebih hemat karena tukang jual tikar sangat banyak  di ragunan ini. Dan dapat digunakan kembali di rumah. Jangan asal pakai tikar yang digelar
Perhatikan kondisi cuaca. Ragunan adalah area terbuka sehingga bila hujan anda akan kesulitan mencari tempat berteduh. Bila sudah mendung siap-siap cari tempat perlindungan agar tidak kehujanan nantinya.
Namun tanpa mengurangi kenikmatan kita berekreasi di taman margasawa ragunan ini bisa kita hadapi dengan bijaksana. Setelah puas menyusuri semua area di Kebon Binatang Ragunan | Wisata Murah Meriah , siap-siap pulang deh , sampai jumpa…