NITRA | Maskot Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

NITRA | Maskot Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Mungkin rekan-rekan belum mengetahui apa sih maskot dari TMII yang  ternyata bernama NITRA. Asal usul NITRA diambil dari nama anjaNI puTRA yang tak lain adalah Hanoman. Diambil dari kisah Ramayana, Hanoman (NITRA) merupakan kera putih  gagah perkasa sakti mandraguna yang berjuang membela dan menegakan kebenaran. Dia adalah putra dewa yaitu Bharata guru dengan Dewi Anjani.

NITRA | Maskot Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Hanoman ternyata memiliki banyak julukan. Guruputra sebagai putra Bhatara guru, Yudawisma sebagai panglima perang, Kapiwara sebagai raja warana atau kera. Ramandayapati sebagai putra angkat Rama. Maruti atau Prabancana sebagai angin. Handayapati yang memiliki kekuatan yang sangat dyahsat. Palwagasena sebagai kera putih. Senggana sebagai panglima perang yang tidak terkalahkan.

Adapun beberapa aspek pemilihan maskot NITRA adalah:

  1. Memiliki berbagai kesaktian yang mampu membasmi angkara murka dan membela kebenaran. Tertuang dalam kisah ramayana dimana Hanoman mengalahkan Rahwana yang sakti mandraguna namun sombong dan jumawa dengan menculik dewi Sinta.
  2. Usianya sangat panjang untuk membina generasi selanjutnya.
  3. Mempunyai watak yang dapat diteladani yang merupakan sumber inspirasi selaras dengan misi TMII sebagai wahana pelestarian, pengenalan dan pengembangan budaya , duta seni, juga mewariskan hal positif untuk generasi mendatang
  4. Pencerminan budi luhur sebagai suri tauladan dan idola para generasi muda. Kesaktiannya melebihi sang raja yaitu Rama namun karena kedudukannya sebagai abdi. Ia selalu patuh dan menuruti apa yang diperintahkan oleh Rama. Sebuah sikap rendah hati yang patut dicontoh oleh kita semua.
  5. Fisik yang sesuai dengan berbagai kalangan usia, anak-anak dewasa dan orang tua.
  6. Dapat bertransformasi dalam berbagai bentuk cindera mata. Karena kegagahan namun dibungkus oleh kelembutan sehingga kita tertarik untuk mengkoleksinya baik dalam bentuk boneka, patung maupun lukisan.
Demikian penjelasan tentang NITRA | Maskot Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Semoga bermanfaat dalam menambah khasanah tentang budaya Indonesia. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *