Rute Perjalanan Bekasi ke Cianjur Lewat Jonggol

Yuk ikuti perjalanan  rute dari Bekasi ke Cibarengkok, Cianjur, Jawa Barat. Untuk touring kali ini saya menggunakan motor selain irit dan murah juga karena saya ngga punya mobil he..he..

Saya akan membagi dalam 3 rute utama:
1. Bekasi – Cileungsi lewat Bantar gebang
2. Cileungsi – Ciranjang lewat Jonggol
3. Ciranjang – Cibarengkok
Ya biar tidak bingung aja, karena ada beberapa pilihan jalur namun saya di sini coba uraikan yang jalur utama saja karena selain mudah cukup nyaman juga.
1. BEKASI – CILEUNGSI LEWAT BANTAR GEBANG
Kita pilih rute lewat bantar gebang karena lebih mudah tak banyak kelokan. Sebenarnya ada jalur alternatif lewat Pekayon ke Kota Wisata Cibubur namun tidak saya sarankan karena jalurnya sempit dan banyak perempatan yang akan membuat anda bingung. Oke, dari stadion bekasi lurus saja menyusuri jl Ahmad Yani, hati-hati di ujung jl Ahmad Yani setelah Jembatan tol, di perempatan Rawa panjang kita belok kanan. Dari sini kita akan menyusuri Jl Raya Narogong, jalannya cukup lebar karena ada 4 lajur namun tetap kita harus berhati-hati dengan banyaknya lubang akibat tergerus air hujan. Lurus saja terus dan akan sampai di Flyover Cileungsi, ambil arah kiri menuju Cianjur atau Taman Wisata Mekarsari. Kalau lurus ke Citeureup atau Bogor sedangkan kalau kanan ke Cibubur atau Jakarta.
Jarak tempuh sekitar 17 KM sedangkan waktu tempuh 40 menit.
2. CILEUNGSI – CIRANJANG LEWAT JONGGOL
Melewati jalur ini kewaspadaan dan kehati-hatian harus benar-benar diperhatikan. Trek yang kita lalui ini merupakan yang penuh tantangan, jalur yang disediakan hanya 2 sehingga cukup sempit dan dari Cileungsi sampai Cariu sangat padat kendaraan. Bahkan terkadang macet di Taman Buah Mekarsari dan pertigaan Cibarusah.
Disini kita dapat mampir ke salah satu tempat wisata yaitu Jonggol Garden
Selepas Cariu kendaraan akan berkurang namun harus melalui beberapa tikungan tajam. Di jalan Transyogi menuju Cikalong anda akan dihadapi oleh jalur naik turun yang cukup curam. Namun pemandangan yang ada cukup membuat kita fresh area persawahan, perkebunan bahkan hutan .

Rute Perjalanan Bekasi ke Cianjur Lewat Jonggol

Sangat ideal untuk anda beristirahat di sini, apalagi cukup banyak warung-warung tradisional di pinggir jalan ini. Namun bila anda sendiri lebih jangan melewati jalur ini di malam hari karena tak ada penerangan jalan dan cukup sepi.

Setelah melewati Cikalong akan menemui jalur Cianjur-Bandung, kita ambil kiri arah Bandung. Dari sini sekitar 2 KM akan menemui pasar Ciranjang. Tepat di pasar Ciranjang kita belok kanan

3.  CIRANJANG – CIBARENGKOK
Jarak antara Ciranjang ke Cibarengkok sebenarnya cukup dekat hanya 5 KM saja, namun bisa memakan waktu hampir satu jam akibat jalan yang rusak parah.
Wah akhirnya sampai juga di desa Cibarengkok, Cianjur, Jawa Barat ini. Cukup melelahkan namun juga menyenangkan.
Update Juni 2017:
Karena terjadinya patah pada jembatan Cipamingkis yang menghubungkan Cariu dengan Jonggol maka kendaraan dari Cileungsi dialihkan ke Cikarang sedangkan dari Cariu diarahkan ke Loji Karawang.
Berikut kondisi jembatan cipamingkis yang mengalami patah tersebut
Demikian informasi yang dapat disampaikan dan akan terus update perkembngannya. Terima kasih

9 thoughts on “Rute Perjalanan Bekasi ke Cianjur Lewat Jonggol

Permalink

Thanks cukup membantu infonya.
    Saya mau ke cianjur tepatnya ke desa cilaku saya dari cikarang tpi saya bingung blm tau jalannya lewat mana.
    Klo bisa infonya.??
    Thnks.

Permalink

kalau Mas Rahmat dari cikarang dapat melalui jalan raya Serang Cibarusah, nanti akan bertemu dengan jalan raya Cileungsi Jonggol yang dekat dengan perumahan Citra Indah.
    demikian dan terima kasih telah berkunjung

Permalink

kang saya dari sukabumi pengen ke bekasi kawasan industri mm.. rute paling
    enak lewat jalur cianjur tolong ya kang info nya

Permalink

ia itu maksudnya… pengen tau info detile nya ya admin… terimakasih sbelum nya..

Permalink

Bila dari Cianjur, setelah pasar Jonggol nanti ada pertigaan sebelah kanan ke jalur Cibarusah – Serang. Terus aja nanti ketemu pennunjuk jalan ke arah MM2100. ini jalur paling cepat

Permalink

kalo dari bekasi ke cianjur lewat jonggol kirakira berapa lama ?