Sejarah Taman Mini Indonesia Indah | TMII

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Siapapun pasti mengenal objek wisata yang satu ini. Sebuah lokasi yang menyajikan selain hiburan namun sarat dengan unsur budaya dan pendidikan. Oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia wajib bangga memilikinya. Baca juga ya di Taman Mini Indonesia Indah | TMI. Kali ini saya ingin menceritakan tentang latar belakang dan sejarah berdirinya tempat ini.
Sejarah Taman Mini Indonesia Indah | TMII
Indonesia adalah negara yang kaya raya kekayaan alam, kekayaan budaya, bahasa, adat istiadat dan agama.  Di akhir tahun 60 an, pembangunan fisik sedang giat-giatnya. Padahal seperti yang dikatakan oleh presiden Soeharto saat itu  diperlukan keseimbangan usaha pembangunan fisik dan ekonomi dengan pembangunan mental spirilitual.  Dari segi pembangunan mental spirilitual inilah muncul gagasan  mendirikan sebuah tempat wisata yang dapat menggambarkan kehebatan dan pesona indonesia Yang akan mampu mengobarkan semangat bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia dalam sebuah miniatur.

Arti Taman Mini “Indonesia Indah” adalah satu proyek untuk mencitrakan Indonesia yang lengkap dengan segala isinya dalam bentuk mini, berupa sebuah taman di atas sebidang tanah yang menggambarkan Indonesia yang besar ke dalam penampilan yang kecil

Bangunan pokok adalah danau buatan dengan pulau-pulau yang menggambarkan wilayah Indonesia. Kepulauan buatan tersebut merupakan bagian terpenting dari proyek ini dan disebut Miniatur Arsipel Indonesia. Pulau-pulau dibangun secara geografis di atas laut buatan sesuai dengan skala asli, dalam arti tinggi rendah daratan, hutan, keadaan gunung-gunung, dan tumbuh-tumbuhannya terlihat seperti perwujudan sesungguhnya.
Danau kepulauan ini, berikut bangunan-bangunan khas daerah di sekitarnya, secara keseluruhan dinamakan Taman Mini “Indonesia Indah”. Akhirnya dengan ide dan gagasan tersebut, pada tanggal 11 Agustus 1971 Ibu Tien Soeharto memberi tugas kepada Nusa Consultants membuat rencana pokok dan studi kelayakan dari proyek “Taman Mini Indonesia Indah”.

Maka pada tanggal 30 Juni 1972 dimulailah pembangunan tahap pertama TMII yang meliputi Miniatur Arsipel Indonesia, Tugu Api Pancasila, bangunan Joglo, Anjungan daerah dan Gedung Pusat Pengelola. Lokasinya adalah sekitar Pondok Gede, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur seluas 100 hektar.
Akhirnya setelah dinyatakan selesai, diresmikanlah “Taman Mini Indonesia Indah” pada tanggal 20 April 1975 oleh Bapak Presiden Soeharto.
Demikianlah kawan sejarah berdirinya TMII yang monumental karena didasari oleh rasa cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia. Di tengah kemajuan jaman dan maraknya tempat wisata yang lebih canggih dan modern namun TMII tetap memiliki aura positif dan kebanggaan kita bersama yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya.

Demikian ulasan saya tentang Sejarah Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan pengetahuan anda tentang kekayaan budaya Indonesia. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *