Perjalanan ke Batam

Kota Batam terletak di provinsi Kepulauan Riau (Kepri) lebih dikenal dengan kota industri, karena memang sejarahnya daerah ini ditujukan untuk menjadi daerah industri yang akan menyaingi Singapura. Oleh karena itu bila anda ke sana jangan heran banyak sekali menemui kawasan industri yang biasanya menampung puluhan perusahaan. Yang paling terbesar adalah kawasan Batamindo yang lebih dikenal dengan kawasan Muka kuning. Wilayah geografisnya berbentuk kepulauan istilahnya ke sana kesini mentok laut.
Inilah Jembatan Barelang yang menjadi ikon kota Batam dan merupakan andalan pariwisata kota Batam. Bagi yang memiliki hobby mancing silahkan datang ke sini (baca juga: Memancing Ikan di Jembatan 2 Barelang) atau hanya untuk sekedar photo-photo juga tidak ada salahnya karena dari atas jembatan ini kita akan mendapatkan pemandangan luar biasa laut dan pulau-pulau kecil yang tersebar.
Perjalanan ke Batam
Bagaimana untuk kita menuju kota Batam. Oke kita bahas satu per satu ya
  1. Menuju  kota Batam dengan pesawat, dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ke Bandara Hang Nadim menempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit. Tiba di Hang Nadim menuju daerah Batu Aji saya naik taksi 40 menit.
  2. Menuju  kota Batam dengan kapal laut, dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke pelabuhan Sekupang Batam menempuh perjalanan sekitar 24 jam alias satu hari satu malam. Berangkat jam 5 sore tibanya dengan jam yang sama di hari berikutnya.
  3. Menuju kota Batam melalui jalan darat, berangkat dari Jakarta menuju Merak menyeberang ke Lampung dengan kapal ferry. Lalu dilanjutkan menyusuri jalan lintas sumatera menuju Dumai – Kepri. Dari sini kembali menggunakan kapal ferry sekitar 8 jam. Cukup menguras tenaga dan pikiran. Berapa lama waktunya? Total satu minggu saya habiskan di perjalanan.
Dari segi effisiensi waktu, pesawat jelas unggul segalanya selain waktu tempuh yang lebih cepat frekuensi penerbangan dalam sehari dari Jakarta ke Batam ada sekitar 11 penerbangan bandingkan dengan kapal laut yang hanya melayani pelayaran satu minggu satu kali.
Faktor kedua adalah biaya, tergantung berapa banyak orang dan barang. Kalau barang yang kita bawa sangat banyak terutama orang jualan ya, sampai berkarung-karung menggunakan kapal laut jadi pilihan yang efektif karena hitungan beratnya lebih murah.
Sedangkan faktor ke tiga adalah faktor hati alias penasaran.  Nah inilah yang menjadi alasan saya menggunakan kapal laut dan perjalanan darat pakai mobil. Saya ingin tahu bagaimana rasanya.

 

Tentu ada kelebihan dan kekurangannya dalam memilih mode transportasi. Lalu yang mana pilihan transportasi anda untuk Menuju  Wisata Kota Batam?