Batu Cincin Sungai Dareh | Permata Hijau Dharmasraya Sumatera Barat

Batu Cincin Sungai Dareh. Permata Hijau dari Dharmasraya Sumatera Barat. Kali ini saya ingin mengajak rekan-rekan ke Kabupaten Dharmasraya provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Sawahlunto pada tahun 2003.  Oleh karena itu masih banyak yang belum mengenal nama kapubaten ini.  Jaraknya dari kota Padang sekitar 233 km ditempuh sekitar 6 jam melalui darat. Perjalanan kali ini adalah ingin mengenal lebih jauh batu permata sungai dareh Dharmasraya. Permata ini telah menjadi andalan pemerintah daerah setempat dengan menjadikannya sebagai cinderamata baik dalam bentuk cincin, gelang atau kalung agar masyarakat luas lebih mengenal kabupaten Dharmasraya.
Untuk mendapatkannya batu ini diperoleh dari sungai Batanghari yang melintasi kabupaten Dhamasraya masih dalam bentuk bongkahan. Setelah itu akan diolah di tempat pengrajin menjadi berbagai bentuk sesuai yang diinginkan. Akibat semakin banyaknya orang yang mencari batu ini, kini pencarianpun hingga ke pelosok bahkan ke daerah hutan. Batu akik sungai dareh yang paling mahal dan menjadi primadona adalah batu lumuik (lumut). Sesuai dengan namanya batu cincin sungai dareh jenis ini berwarna hijau. Ada beberapa macam jenisnya sesuai warna dan corak yang dimilikinya antara lain seperti pucuk pisang, daun seledri atau kumbang jati.
Batu Cincin Sungai Dareh | Permata Hijau Dharmasraya Sumatera Barat
Mengapa batu akik atau cincin ini menjadi tersohor adalah karena dipakai oleh presiden Amerika serikat  yaitu Barack Obama. Dan konon kabarnya presiden kita pun bapak Susilo Bambang Yudoyono (SBY) serta menteri dalam negeri Gamawan Fauzy yang memang urang awak di jarinya melingkar batu cincin sungai dareh.  Minat masyarakat terhadap batu cincin sungai dareh kini cukup tinggi terbukti di pasaran terkadang stok nya kosong. Karena bukan hanya dari dalam negeri saja bahkan kini para pecinta perhiasan dari mancanegara pun mulai memburunya. Sungguh sebuah fenomena yang luar biasa.

Selain dari penampilan luar fisik nya yang hijau mempesona. Ternyata memiliki khasiat alami yang luar biasa. Batu sungai dareh mampu meningkatkan interaksi dengan alam sekitar. Menyeimbangkan energi emosional ke arah positif. Getarannya mampu memperkuat jantung, menyuburkan rasa kasih sayang serta memperkokoh otot-otot syaraf. Tersebut pula batu sungai dareh tergolong batu jade yang dapat membantu sesorang lebih relax dan bijaksana dalam bertindak. Sungguh luar biasa pesona permata hijau asal Sumatera yang satu ini. Entah sebuah kebenaran atau hanya sekedar mitos yang berkembang dari mulut ke mulut. Semua kembali kepada pemakainya yang mengunakan sebagai perhiasan atau pengobatan.
Kita berharap mudah-mudahan di tengah gencarnya promosi pemerintah daerah setempat ditambah permintaan pasar yang tinggi, tidak melupakan keseimbangan alam di daerah ini agar tetap terjaga. Jangan sampai akibat keserakahan kita akan menimbulkan hal yang buruk di masa depan.
Dalam perkembangannya kini batu cincin dari jenis idocrase ini mendapat saingan dari jenisnya. yaitu muncul idocrase dari Aceh yang dikenal dengan Bio solar Aceh dan idocrase dari Luwu Sulawesi Selatan. Para pecinta dan pemerhati mulai membanding kan ke tiganya. Baik dari segi kualitas maupun harganya.

Demikianlah artikel saya mengenai Batu Cincin Sungai Dareh. Permata Hijau Dharmasraya Sumatera Barat. Mudah-mudahan berguna bagi rekan-rekan. Terima kasih. Baca juga Batu Bacan Halmahera dan Batu Cincin Keladen Pacitan  serta Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh.

6 thoughts on “Batu Cincin Sungai Dareh | Permata Hijau Dharmasraya Sumatera Barat

  • at
    Permalink

    saya malah tidak tahu harganya, maklum hasil warisan dan cuma koleksi aja

  • at
    Permalink

    saya ada pelanggan dari padang dia mencari cincin asli dari sumatra barat ada gk gan?
    klo ada bleh ya info kerja samanya, ,Trimakasih

Comments are closed.