Memancing Ikan di Jembatan 2 Barelang Batam

Memancing Ikan di Jembatan 2 Barelang Batam.  Letak geografisnya yang di kelilingi oleh laut menjadikan wisata laut salah satu andalan pemerintah kota Batam  untuk menarik wisatawan mengunjungi daerah ini.  Wisata laut di Batam antara lain: Pantai Sekilak, Pantai Melur, Pantai Seranggon. Kondisi inilah yang menjadikan Batam adalah surganya para pemancing ikan.
Memancing Ikan di Jembatan 2 Barelang Batam
Untuk memancing ikan laut, pada dasarnya ada 2 metode ditinjau dari lokasinya yaitu:
Yang pertama, Mancing di laut dengan menggunakan perahu atau pompong.  Cara ini sangat efektif dalam mendapatkan ikan  apalagi kalau pemilik perahu atau tekong  bisa membawa kita sarang atau tempat berkumpulnya ikan. Waktu yang dibutuhkan cukup lama yaitu seharian karena sistem sewa perahu biasanya harian. Umpan yang disiapkan harus banyak  jangan sampai ketika asyik mancing malah kehabisan.

Sedangkan yang kedua adalah Mancing pinggiran, cara memancingnya cukup di tepian atau pinggir saja. Baik di pinggir pantai, dermaga atau pelantar.  Artinya pemancing masih berada di darat. Memakai cara ini lebih irit biaya karena tidak perlu mengeluarkan ongkos perahu.

Kali ini saya ingin mengajak pembaca mancing pinggiran di Jembatan 2  Barelang. Jembatan ini merupakan salah satu dari 6 jembatan barelang yang menghubungkan pulau Batam, Rempang dan Galang. Dengan modal  joran Shimano yang kebetulan pabriknya ada di Batam, kami berangkat dari Batu aji menuju ke lokasi menggunakan sepeda motor.
Mampir dulu ke pasar Sagulung membeli umpan, mudah-mudahan masih ada udang hidup yang tersedia di tempat langganan. Ternyata kami kurang beruntung, kata penjualnya baru saja diborong sama pemancing yang lain. Mau tidak mau membeli udang mati namun masih segar untuk dijadikan udang kupas. Tidak apa-apa, tidak ada akar rotanpun jadi.
Sesampai di Jembatan 2  saya sudah tidak sabar lagi untuk memulai mancing. Kondisi air yang tenang dan berwarna bening kebiruan sangat ideal untuk perburuan ikan kali ini. Dengan menggunakan teknik dasaran yaitu umpan ditenggelamkan hingga mencapai dasar laut. Ahai, joran mulai bergerak pertanda umpan mulai dimangsa. Yup, ikan pertama sudah terkena kail, dengan cepat reel digulung. Seekor krapu berukuran sedang berhasil terangkat.
Lumayan, dari jam 7 pagi sampai jam 10 mampu mendaratkan 2 ekor krapu, 9 ekor ikan selincing dan 3 ekor kakap.  Karena matahari sudah mulai menyengat dan juga arus laut sudah berubah deras maka kami memutuskan untuk pulang.  Dan hasil tangkapan akan kami jadikan menu makan siang hari ini.
Demikian artikel tentang Memancing Ikan di Jembatan 2 Barelang Batam, semoga bermanfaat bagi kita semua.