Menikmati Keindahan Bukittinggi di Jembatan Limpapeh

Menikmati Keindahan Bukittinggi di Jembatan Limpapeh. Jembatan Limpapeh merupakan salah satu ikon wisata kota Bukittinggi. Bila ingin menikmati keanggunannya pengunjung dapat masuk melalui Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan karena berada di kawasan tersebut.  Dari atas jembatan ini anda dapat menikmati lebih luas pemandangan alam Bukittinggi yang mempesona. Gunung Singgalang dan gunung Marapi yang menjulang menambah keindahan yang kita dapatkan. Bagi yang memiliki hobby Photografi inilah spot yang sangat ideal untuk mendapatkan hasil gambar yang luarbiasa.
Jembatan ini melintasi  jalan raya Ahmad Yani yang dikenal dengan kampuang Cino, menghubungkan antara Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort de Kock atau Taman kota Bukittinggi. Memiliki panjang 90 meter dan lebar 3.8 meter. Karena cukup lebar pengunjung cukup leluasa untuk berlama-lama di sini. Model jembatan ini adalah jembatan gantung karena di tahan oleh kawat baja sehingga bila anda berada di atasnya akan terasa berayun yang membuat sensasi buat yang merasakannya.
Unsur seni budaya Minangkabau sangat terasa pada jembatan ini, tiangnya yang berbentuk bangunan berjumlah 3 buah dihiasi oleh gonjong (hiasan khas atap rumah gadang yang berbentuk tanduk kerbau) dan ukiran yang khas. Inilah salah satu kearifan lokal dimana moderenisasi tidak meninggalkan unsur budaya sehingga menjaga kelestarian kebudayaan lokal yang merupakan peninggalan para pendahulu yang tak ternilai harganya. Sebuah jembatan mungkin dapat kita bangun puluhan bahkan ratusan dengan mudah namun menjaga nilai dan makna sejarah yang terkandung adalah point terpenting.
Tidak adanya vandalisme alias aksi corat-coret tembok, kebersihan yang terjaga mencerminkan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama masyarakat dan pejabat Bukittinggi khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya. Jangan sampai kita mewariskan kepada anak cucu kita kerusakan dan keburukan.
Demikian artikel saya tentang Menikmati Keindahan Bukittinggi di Jembatan Limpapeh. Semoga bermanfaat buat rekan-rekan.