Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Penangkaran Penyu

Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Penangkaran Penyu. Bila mendapat pertanyaan tujuan wisata di Sukabumi maka anda pasti akan menjawab pantai Pelabuhan Ratu, ini memang dapat dimaklumi karena pantai ini sudah terkenal seantero negeri bahkan internasional. Namun kini ada salah satu tujuan wisata alternatif yang akan membuat anda penasaran ingin ke sana yaitu kawasan wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Penangkaran Penyu. Letaknya masih 4 jam lagi dari Pelabuhan ratu.
Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Penangkaran Penyu
Setelah mendapat cerita, masukan dan rekomendasi dari beberapa teman kami memutuskan untuk menuju pantai Ujung Genteng. Berangkat dari Bekasi kami masuk tol Jagorawi keluar gerbang Ciawi lurus ke arah Sukabumi. Sesampainya di Cibadak berbelok menyusuri jalan raya Pelabuhan Ratu. Lalu sebelum masuk kota Pelabuhan ratu kita belok langsung ke arah Ujung Genteng melewati Cikembar, Jampang Kulon dan Surade. Untuk mencapai ke sana memang dibutuhkan tenaga ekstra karena jauhnya perjalanan sekitar 200 KM menghabiskan waktu 8 jam. Wah jauh betul dong? Ya memang benar, namun begitu kita tiba di lokasi maka segala keletihan dan kepenatan selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam yang disajikan. Wow deburan ombak menghantam karang, air laut yang jernih hingga kita dapat melihat dasarnya dan pasir putih yang membentang sepanjang pantai menjadikan sebuah pengalaman yang menakjubkan dan tak terlupakan. 
 
Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Penangkaran Penyu

 

Dan inilah yang menjadi andalan wisata Ujung genteng yaitu penangkaran penyu hijau yang bahasa latinnya Chelonia mydas. Pengunjung diajak menyaksikan proses penyu bertelur tapi kita jangan berisik ya karena akan membuat sang penyu enggan bertelur. Oleh karena itu mereka bertelur pada malam hari karena suasananya sepi senyap. Sekali bertelur penyu dapat menghasilkan 100 telur. Hanya itu saja? Tidak, karena pada keesokan harinya kita akan melepas anak-anak penyu hasil penangkaran di lokasi ini. Para pengunjung diajak berbaris memanjang dengan masing-masing memegang satu penyu. Kemudian setelah mendapat komando dari pemandunya, ya ! anak penyu kita lepas di air laut. Lihat saja para anak penyu yang seperti berlomba menuju laut

Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Penangkaran Penyu
Bagi anda yang ingin bermalam atau menginap di tempat ini jangan khawatir sebab sudah banyak tersedia penginapan sperti motel atau bungalaw dengan berbagai pilihan harga yang sesuai dengan budget anda. Begitu pula dengan kulinernya, apalagi bila anda penggemar makanan laut, selain harganya yang murah kualitasnyapun terjamin karena hasil tangkapan para nelayan yang baru saja melaut.
Kunjungi juga objek wisata menarik lainnya di Sukabumi seperti Taman Rekreasi Selabintana, Cimalati, atau juga Batu Tapak

Demikianlah sekelumit tentang perjalanan ke Pantai Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Penangkaran Penyu. Selain untuk kesenangan kita pun diajak untuk melestarikan alam.