Taman Panorama Bukittinggi, Satu Lokasi Tiga Tujuan Wisata

Taman Panorama Bukittinggi, Satu Lokasi Tiga Tujuan WisataTempat wisata ini memang kalah terkenal dibandingkan Jam Gadang. Kami pun mendapat informasinya dari saudara yang asli orang sana. Padahal lokasinya masih berada di tengah kota Bukittinggi sehingga untuk menuju ke sana tidak memerlukan waktu yang lama diperjalanan dan transportasinya pun banyak alternatif. Dapat menggunakan angkutan kota, taksi atau kalau mau suasana dan sensasi yang berbeda anda dapat menyewa bendi atau delman dengan biaya hanya 10.000 saja. Berjalan kaki pun patut dicoba selain faktor kesehatan sekaligus keuangan. Gerbangnya yang terletak di tepi jalan besar semakin memudahkan kita jika menggunakan kendaraan pribadi mencapai lokasi tersebut. Artinya tidak mungkin tersesat atau kesasar
 
 
Taman Panorama Bukittinggi, Satu Lokasi Tiga Tujuan Wisata

Tiket masuk dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah. Cukup murah kan, karena boleh dibilang three in one artinya 1 lokasi namun ada 3 wahana. Begitu memasuki area taman ini langsung terasa keasriannya, taman cukup teduh karena masih terpeliharanya pohon-pohon ukuran besar yang menjadi sebagai pelindung bagi pengunjung dari sengatan matahari. Ditambah lagi gazebo dengan atapnya yang berbentuk bagonjong yang merupakan ciri khas rumah adat ranah minang disediakan oleh pengelola menambah nyaman dan betah kita berlama-lama di sini. Tapi hati-hati bila anda membawa makanan, karena para kera atau beruk akan terus mengintai dan bersiap merebutnya ketika anda lengah namun tidak usah khawatir walaupun jahil tidak berarti mereka jahat malah menjadi atraksi tersendiri melihat tingkah pola mereka yang mengundang senyum.

Dari taman ini kita dapat menyaksikan dari atas pemandangan sebuah lembah atau ngarai yang sudah terkenal dan menakjubkan yaitu Ngarai sianok. Bahkan disediakan pula menara untuk para pengunjung yang ingin lebih luas dan lebih jauh lagi pandangan mata. Lihatlah pesonanya yang begitu menggetarkan hati.

Taman Panorama Bukittinggi, Satu Lokasi Tiga Tujuan Wisata
Di sini terdapat sebuah prasasti yang menandai peresmian renovasi taman ini. Di atas prasasti ini terdapat patung 2 orang tentara Jepang di atasnya. Lho koq tentara Jepang, apa maksudnya nih? ya karena di sini ada bukti sejarah perjuangan rakyat Indonesia yaitu sebuah gua yang bernama Lubang Jepang. Terus terang saya agak takut juga masuk ke gua ini, karena kisahnya yang membuat bulu kuduk merinding.
Untuk fasilitas umum yang disediakan cukup memadai. Toko-toko penjual souvenir atau cindera mata dan makanan serta minuman cukup tertata rapi dan para penjualnya pun dengan ramah menawarkan dagangan mereka tanpa ada unsur pakasaan. Salah satu cermin masyarakat Bukittinggi yang terkenal dengan keramah tamahannya.
Tips untuk anda yang ingin menikmati lokasi wisata Taman Panorama Bukittinggi:

  1. Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah atau membeli di luar karena bila di dalam lokasi harganya lebih tinggi juga jenisnya terbatas.
  2. Persiapkan alas berupa tikar atau terpal agar kita dapat nyaman duduk di rerumputan taman. Akan tetapi bila tidak mau repot di sana tersedia juga jasa persewaan tikar. Walaupun beberapa terdapat gazebo atau saung saya lebih memilih bersantai di area lapangan rumput karena kesan alaminya lebih terasa.
  3. Untuk menambah keceriaan melihat aksi para kera, bawa juga kacang kulit atau snack
  4. Teleskop atau teropong sangat berguna agar menyaksikan Ngarai sianok lebih jelas
  5. Jangan lupa membeli oleh-oleh berupa kaos atau hiasan yang pasti kebanyakan bernuansa Bukittinggi umumnya dan Ngarai sianok khususnya

Kunjungi juga objek wisata menarik lainnya di Bukittinggi seperti Taman Margasatwa Kinantan, Taman Ngarai Maaram atau juga Benteng Fort de Kock

Demikianlah Taman Panorama Bukittinggi, Satu Lokasi Tiga Tujuan Wisata. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda yang berniat jalan-jalan ke Bukittinggi. Tetap lestarikan dan bangga terhadap alam dan budaya Indonesia.