Wisata Bahari Kotabaru–Kalimantan Selatan

Wisata Bahari Kotabaru–Kalimantan Selatan. Kotabaru merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Wilayah geografisnya merupakan pegunungan namun karena berbatasan langsung dengan laut lepas maka udara di sini cukup panas, khas daerah pantai umumnya. Untuk mencapai Kotabaru dari Jakarta kita naik pesawat tujuan Banjarmasin. Dari bandara Sjamsoedin Noor Banjarmasin kita harus melanjutkan perjalanan lagi. Ada 2 pilihan transportasi yaitu melalui darat dan udara.

Dengan jalur udara, menggunakan pesawat kecil dengan kapasitas yang hanya 20 penumpang saja menuju bandara Gusti Sjamsir Alam yang terletak di Stagen dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Ada kejadian unik ketika menaiki pesawat ini, penumpang disediakan headset yang ternyata bukan bertujuan untuk mendengarkan musik namun untuk mengurangi suara bising pesawat. Ongkos yang dikeluarkan jelas lebih mahal menggunakan pesawat dibandingkan lewat darat.
Bila kita menempuh perjalanan darat dari Banjarmasin menuju Batulicin. Waktu yang dibutuhkan sekitar 8 jam. Kita diajak berpetualang melintasi trans Kalimantan yang masih alami. Pemandangan yang kita lalui tak lepas dari hutan, kebun kelapa sawit dan hamparan-hamparan ladang milik penduduk. Dijamin jalanan lancar tidak mengenal kata macet asal jangan mogok aja mobilnya. Oleh karena itu angkutan umum biasanya tersedia hanya siang hari karena bisa dibayangkan bila terjadi suatu hal yang tak diinginkan di kawasan hutan pada malam hari. Sesampai di Batulicin dilanjutkan dengan kapal feri ke Tanjung serdang – Kotabaru.

Ini dia suasana saat kami berada di ferri.

Wisata Bahari Kotabaru–Kalimantan Selatan

Potensi wisata yang ditawarkan oleh Kotabaru sebenarnya cukup banyak, sesuai dengan letaknya yang dikelilingi oleh laut maka umumnya bernuanasa laut dan pantai.
Oke, pertama kita kunjungi Pantai Gedambaan, terletak di desa Sarang Tiung, kira-kira satu jam dari pusat kota. Tersedia gajebo atau saung yang disediakan gratis oleh pengelola. Sangat cocok untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Bila ingin bermalam pun tersedia penginapan di sini.

Wisata Bahari Kotabaru–Kalimantan Selatan

Setelah itu kita langsung menuju ke Siring Laut. Di tempat ini banyak berdiri warung-warung tenda yang menyajikan makanan dari makanan ringan sampai yang kelas berat. Kita tak perlu khawatir dengan masalah harga karena tidak akan menguras kantung koq. Bila anda ke sini lebih baik menjelang sore atau malam hari, selain cuacanya bersahabat kemeriahan pun mulai tampak saat itu. Dengan latar belakang laut lepas dijamin kita akan betah berlama-lama di sini selain itu ditambah lagi keramahan para penduduk setempat.

Wisata Bahari Kotabaru–Kalimantan Selatan

Setelah puas menikmati pesona keindahan Kotabaru, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Diantaranya adalah kerupuk ikan tenggiri alias amplang, cumi-cumi kering, ikan asin, kepiting dan aneka olahan hasil laut lainnya. Demikianlah cerita tentang Wisata Bahari Kotabaru – Kalimantan Selatan.

Terima kasih buat ibu Endah atas ide dan kiriman bahan-bahan artikelnya.