Tip Mengadakan Permainan Wisata Outbound

Tip Mengadakan Permainan Wisata Outbound. Sudah menjadi agenda tahunan di perusahaan tempat kita bekerja atau lingkungan tempat tinggal kita mengadakan  tour atau wisata ke objek wisata.  Segala persiapan kita lakukan dengan cermat dan matang agar acara berlangsung lancar. Mulai dari pemesanan kendaraan, makanan dan booking tempat di lokasi acara. Umumnya semua ini dapat teratasi. Permasalahan yang sering muncul justru ketika di lokasi wisata. Para peserta seperti berjalan sendiri-sendiri, tidak ada kehangatan dalam kebersamaan dan ketika semua kembali ke rumah masing-masing tidak memiliki kesan berarti.
Tip Mengadakan Permainan Wisata Outbound
Salah satu acara yang paling ditunggu peserta adalah permainan atau game yang diadakan oleh panitia. Namun akibat minimnya pengalaman dan pengetahuan panitia membuat semuanya kaku dan terpaksa sehingga acara berlangsung sepi atau tidak meriah. Oleh karena itu bagi anda yang berencana mengadakan jalan-jalan bersama baik rekan sekantor atau lingkungan tempat tinggal dan kebetulan ditunjuk menjadi panitia perhatikan tip-tip berikut ini agar permainan yang dilakukan berhasil:
  1. Tujuan, tentukan permainan yang sesuai dengan tema wisata anda kali ini. Bila dalam suasana lingkungan kerja ciptakan yang bertujuan kerja sama sehingga akan membuat kesan saat kembali beraktifitas sehari-hari.
  2. Jumlah peserta, maksimalkan agar semua peserta dapat terlibat sehingga kebersamaan dapat terjaga. Sesuaikan jumlah peserta dengan jenis permainan jangan abaikan peran peserta yang membuat mereka acuh tak acuh.
  3. Umur, perhatikan faktor ini terutama menghindari resiko cidera. Dan juga segi kepatutan atau kesopanan tetap diperhatikan.
  4. Bahan, pilihlah permainan yang tidak membutuhkan alat atau material yang  merepotkan sehingga justru membuat anda kewalahan. Cukup yang sederhana namun tidak mengurangi kemeriahan permainan yang dilakukan.
  5. Lokasi / tempat, pilih  yang  strategis artinya tidak terlalu orang lain hilir mudik yang dapat mengganggu kegiatan berlangsung.
  6. Waktu, bila permainan membutuhkan konsentrasi lebih baik pagi atau malam hari sebab kalau siang hari dengan kondisi terik matahari maka peserta pasti tidak nyaman.
  7. Situasi kelompok, bila mengalami gangguan dalam kerja sama, pilihlah permainan yang bertujuan mengurangi bahkan memperbaikinya. Kalau ada yang tampak cemas, pilihlah permainan yang memberanikan mereka. Selain pengalaman, kesukaan dan ketidaksukaan anggota-anggota kelompok juga harus diperhatikan.

 

Demikianlah artikel tentang Tip Mengadakan Permainan Wisata Outbound. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk acara wisata anda. Terima kasih