Wisata Ke Padang Panjang Sumatera Barat, Pemandian Lubuk Mata Kucing

Wisata Ke Padang Panjang Sumatera Barat, Pemandian Lubuk Mata Kucing. Salah satu wisata alam yang ditawarkan oleh kota Padang Panjang. Sebuah kolam pemandian yang airnya bersumber dari mata air pegunungan yaitu Gunung Singgalang. Airnya yang jernih kebiruan laksana mata kucing menjadikan objek wisata ini dinamakan Mata Kucing. Letaknya berada di dataran tinggi dikelilingi oleh bukit Surungan dan sungai Batang Anai. Suasana sejuk langsung terasa di sini ditambah dengan hamparan sawah yang menguning mempesona mata siapa saja yang memandangnya.
Wisata Ke Padang Panjang Sumatera Barat, Pemandian Lubuk Mata Kucing
Awalnya tempat ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1918 lalu dijadikan sebagai lokasi wisata oleh pemerintah daerah Padang panjang sampai saat ini. Selain itu dimanfaatkan juga oleh Perusahaan Daerah Air Minum setempat sebagai sumber airnya. Bagi anda penggemar novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijk karya Buya Hamka pasti sudah tidak asing lagi dengan  tempat ini karena menjadi salah satu setting lokasi dalam ceritanya.
Untuk menuju ke lokasi wisata yang berada di Pasar Usang ini dari Bukittinggi berjarak 20 kilometer saja sekitar 35 menit perjalanan. Sedangkan bila dari kota Padang jauhnya 60 kilometer ditempuh dalam 1,5 jam. Harga tiket masuknya yang hanya Rp. 1500 saja sehingga sangat terjangkau dan tidak membebani anda yang ingin menikmati sejuknya air dan keasrian Pemandian Lubuk Mata Kucing. Bandingkan dengan biaya masuk wisata air lebih modern  yang masih berada di kota Padang panjang ini yaitu Minang fantasi (MIFAN) yang memasang tarif Rp 35.000 – 40.000.
Walaupun eksistensinya mulai menurun di tengah modernisasi jaman namun nilai sejarah dan budaya  yang terkandung dari tempat ini tetap terjaga dan tidak pernah surut.  Sudah menjadi pameo bagi para pelancong yang datang ke Padang panjang tidak afdol rasanya bila belum berendam atau sekedar bermain air di pemandian Mata Kucing. Oleh karena itu bagi anda yang sedang berada di kota ini jangan lewatkan untuk singgah ke objek wisata ini.
Demikian tulisan saya tentang Wisata Ke Padang Panjang Sumatera Barat, Pemandian Lubuk Mata Kucing  semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan jalan-jalan menghabiskan waktu liburan anda dan keluarga. Terima kasih.