Wisata Pantai Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Wisata Pantai Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kali ini saya ingin mengajak pembaca ke pantai Mutiara yang berada di kabupaten Agam, tepatnya berlokasi di Muaro Batang Tiku, Jorong Banda Gadang, Nagari Tiku Selatan.  Berbeda dengan objek wisata lainnya yang umumnya bernuansa alam pegunungan. Ternyata kabupaten Agam memiliki andalan wisata alternatif yaitu pantai. Bila anda dari kota Padang jaraknya sekitar 100 kilometer atau 20 kilometer dari Lubuk Basung yang merupakan ibukota kabupaten Agam.
Pantai Mutiara menawarkan pesona alam yang masih sangat alami karena masih terjaga keasliannya dan belum tercemar oleh polusi atau limbah sehingga anda akan terpuaskan menikmati deburan ombak laut, bersihnya air laut, hangatnya pasir putih yang membentang dan juga saat matahari terbenam atau sunset sebuah pemandangan yang luar biasa dan menakjubkan, sangat sayang bila dilewatkan. Kegiatan seperti berenang, menyelam dan memancing sangat cocok dilakukan di sini. Namun kehati-hatian tetap dijaga dalam menghabiskan waktu liburan anda. Segarnya kelapa muda menjadi penawar dahaga yang sesuai saat berada di pantai.
Wisata Pantai Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Ada sebuah atraksi atau pertunjukan dari nelayan setempat yang di sebut pukek tapi. Dimana sekelompok nelayan maelo atau menarik tali pukek dari pinggir laut. Dibutuhkan kerjasama dan kekompakan dalam menarik tali ini sehingga akan menghasilkan tarikan sempurna yang menjadikan ikan tangkapan maksimal. Hasil yang diperoleh oleh para nelayan ini dapat kita beli langsung dan tentunya harganya lebih murah dari pasaran serta kondisi ikan pun dijamin segar.
Yang tidak boleh dilewatkan di pantai ini adalah pulau Ujuang dan pulau Tapi. Kedua pulau ini menjorok ke samudera Hindia letaknya sekitar 100 meter dari pantai namun terhubung oleh karang-karang yang berfungsi seperti jembatan. Sebuah keajaiban alam yang disajikan oleh pantai ini.
Keluhan dari para pengunjung yang mendatangi pantai Mutiara adalah akses jalan menuju ke sana yang kondisinya masih memprihatinkan bahkan cenderung membahayakan. Karena bila hujan turun maka jalan akan menjadi becek dan licin yang akan membuat para pemakainya harus ekstra hati-hati melintasinya. Diperlukan perhatian dari pemerintah setempat untuk menjadikan pantai Mutiara sebagai destinasi wisata andalan yang tentunya selain lebih mengenalkan tempat ini juga sebagai pemasukan daerah dari faktor pariwisata.
Demikian artikel saya tentang Wisata Pantai Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi anda menghabiskan saat liburan anda dengan kerabat dan rekan. Terima kasih