Menyaksikan Bunga Rafflesia Arnoldii di Taman Hutan Raya Bung Hatta Padang

Menyaksikan Bunga Rafflesia Arnoldii di Taman Hutan Raya Bung Hatta Padang. Kali ini saya ingin mengajak pembaca melihat bunga raksasa yang merupakan terbesar di dunia karena saat mekar memiliki diameter 1 meter  yaitu Rafflesia Arnoldii. Namanya diambil dari gubernur Raffles dan peneliti Arnold. Bunga ini termasuk langka karena hanya mekar sekitar 15 hari saja dan membutuhkan waktu sekitar 10 bulan untuk mekar selanjutnya. Banyak yang menyebutnya sebagai bunga bangkai karena baunya yang busuk menusuk hidung namun pesonanya yang luar biasa membuat kita penasaran untuk melihatnya langsung dari dekat.
Menyaksikan Bunga Rafflesia Arnoldii di Taman Hutan Raya Bung Hatta Padang

Salah satu lokasi untuk menyaksikan bunga ini adalah di Taman Hutan Raya Bung Hatta yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Tepatnya berada di Kecamatan Lubuak Kilangan, Kelurahan Indarung. Taman Hutan Raya Bung Hatta pertama kali diresmikan pada tahun 1955 oleh wakil presiden Republik Indonesia saat itu yakni bapak Dr. Mohammad Hatta. Memiliki nama yaitu Kebun Raya Setia Mulya.

Lalu berubah menjadi Taman hutan Raya Mohammad Hatta saat diresmikan kembali oleh wakil presiden bapak Umar Wirahadikusuma pada tanggal 12 Agustus 1986. Sesuai dengan Keputusan Presiden No. 35 tahun 1986. Awalnya hanya memiliki luas 240 hektar saja lalu berkembang menjadi 70.000 hektare. Berada pada ketinggian 300 sampai 700 meter di atas permukaan laut. Sehingga suhu di sini cuku sejuk sekitar 19-26 derajat celcius.

Selain dapat menyaksikan bunga Rafflesia Arnoldii masih terdapat 352 jenis flora dan 170 jenis fauna. Ada 14 aliran sungai diantaranya sungai arau, sungai kuranji, dan sungai air dingin. Sehingga lokasi ini tidak hanya sebagai tujuan wisata namun sebagai konservasi alam guna melindungi keutuhan tanah, air dan iklim.
Untuk menuju ke Taman Hutan Raya Bung Hatta anda dari kota Padang menuju kota Solok. Perjalanan berjarak 20 kilometer menempu waktu sekitar 2 jam.  Fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti lahan parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, tempat kemping dan juga guest house bila anda berniat untuk menginap di sini.

Demikian artikel saya tentang Menyaksikan Bunga Rafflesia Arnoldii di Taman Hutan Raya Bung Hatta Padang. Semoga bermanfaat dan menjdai bahan referensi anda saat berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Terima kasih.