Wisata Garut, Jawa Barat : Situ Bagendit

Wisata Garut, Jawa Barat : Situ Bagendit. Kali ini saya akan mengajak pembaca ke salah satu objek wisata andalan garut yaitu Situ Bagendit. Lokasinya terletak di desa Bagendit, kecamatan Banyuresmi, kabupaten Garut, Jawa Barat. Situ dalam bahasa sunda artinya adalah danau. Sedangkan bagendit diambil dari kisah Nyi Endit, seorang wanita kaya namun tamak dan kikir yang dikutuk sehingga seluruh harta kekayaannya tenggelam oleh banjir dan terbentuk danau yang sekarang bernama Situ Bagendit. Konon masyarakat sekitar acapkali melihat lintah yang dipercaya sebagai perwujudan  dari Nyi Endit yang merupakan lintah darat.
Wisata Garut, Jawa Barat : Situ Bagendit
Bila anda ke kota Garut maka singgahlah ke tempat ini karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota sehingga tidak memakan waktu dalam perjalanan. Hanya sekitar 15 menit maka anda telah tiba di tempat ini. Pemandangan alam yang indah terpancar dari danau ini. Lalu anda dapat menikmati beberapa wahana air seperti perahu dan sepeda air. Namun yang sangat mengesankan adalah menaiki rakit mengelilingi danau. Nuansa alami akan anda rasakan. Bagi anda yang gemar memancing dapat menyalurkan hobby anda di sini.

Harga tiket masuk Situ Bagendit adalah sebesar Rp. 3000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak. Untuk menikmati sepeda air dikenakan biaya Rp. 15.000 sedangkan rakit sebesar Rp. 25.000. Pemerintah Garut tampaknya memberikan perhatian yang positif untuk menjadikan Situ Bagendit sebagai tempat wisata yang dapat menjadi sumber pemasukan daerah dan juga cagar budaya yang patut dilestarikan karena sejarahnya.  Penataan lingkungan wisata yang baik cukup memanjakan pengunjung, sehingga anda akan betah berlama-lama di sana. Fasilitas penunjang seperti areal parkir yang luas, musholla, beberapa toilet, gazebo dibangun dan terawat.

Demikian artikel saya tentang  Wisata Garut, Jawa Barat : Situ Bagendit. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan rekan.  Selain Situ Bagendit, beberapa tujuan wisata di kota garut antara lain: Candi cangkuang, Situ Cangkuang, Curug Orok, Cipanas dan gunung Papandayan. Terima kasih

2 thoughts on “Wisata Garut, Jawa Barat : Situ Bagendit

  • at
    Permalink

    Lebih asik lagi sekarang berwisata ke kawah papandayan bos…viewnya indah serta ada pemandian air panas dan tempat kemping

  • at
    Permalink

    Saya belum pernah coba dan tentu akan ke sana menikmati kawah papandayan

Comments are closed.