Wisata Islami ke Masjid Istiqlal Jakarta

Wisata Islami ke Masjid Istiqlal Jakarta. Kata istiqlal memiliki arti merdeka atau bebas. Ini  mencerminkan rasa syukur bangsa indonesia yang telah terbebas dari belenggu penjajahan atas berkat rahmat Allah SWT. Proses perencanaan masjid ini mulai tahun 1950. Dilakukan pemancangan tiang pertama pada tanggal 24 Agustus 1961 oleh presiden Soekarno lalu diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978 oleh presiden Soeharto. Dengan biaya pembangunan sebesar 7 milyar rupiah.
Wisata Islami ke Masjid Istiqlal Jakarta
Lokasinya yang sangat strategis di pusat kota Jakarta memudahkan para jamaah menuju ke sini. Berdekatan dengan tempat-tempat yang sudah terkenal seperti Monumen Nasional (Monas), pasar baru dan stasiun Gambir. Untuk anda yang menggunakan kereta api commuter line (KRL) dapat turun di stasiun Juanda. Sedangkan bila menggunakan bus Transjakarta atau busway langsung turun di halte Istiqlal. Kubahnya yang berdiameter 45 meter dan tinggi menara 66,66 meter begitu menonjol dan megah di antara bangunan sekitarnya walaupun dilihat dari kejauhan. Sehingga bagi anda yang baru pertama kali akan ke masjid Istiqlal tidak perlu khawatir tersesat.
Untuk momen tertentu seperti shalat idul fitri, shalat idul adha atau shalat Jumat sebaiknya datang lebih awal agar mendapatkan tempat di ruang utama. Namun tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat karena masjid Istiqlal Jakarta ini mampu menampung sekitar 200.000 jamaah.
Beberapa pimpinan negara asing yang pernah mengunjungi masjid Istiqlal antara lain:
  1. Presiden Amerika Serikat  Barack Obama 9 November 2010
  2. Presiden Amerika serikat Bill Clinton pada November 1994
  3. Presiden iran Mahmaoud Ahmedinijad 12 Mei 2006
  4. Pimpinan Britain Raya Pangeran Charles November 2008
  5. Presiden Libia Muammar Gaddafi
  6. Presiden Cile Sebastian Pinera
  7. Presiden Austria Heinz Fischer
  8. Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg
  9. Kanselir Jerman Angela Merkel pada tahun 2012

Disamping kunjungan resmi para presiden atau pimpinan negara asing, masjid Istiqlal selalu menjadi tempat diadakan acara kenegaraan hari-hari besar nasional Islam sehingga menunjukkan status dan fungsinya sebagai masjid negara  republik Indonesia.

Demikian artikel saya tentang Wisata Islami ke Masjid Istiqlal Jakarta. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan beribadah anda bersama keluarga. Terima kasih