Wisata ke Shwedagon | Pagoda Emas di Myanmar

Wisata ke Shwedagon | Pagoda Emas di Myanmar. Artikel kali ini saya ingin mengajak pembaca ke Myanmar mengunjungi sebuah pagoda yang berlapis emas yaitu Shwedagon atau Shwedagon Zedi Daw. Myanmar saya pilih karena di negara ini tim nasional sepakbola U-19 kita akan bertanding di sana pada bulan Oktober 2014 dalam ajang piala Asia, dimana 4 negara yang lolos ke semifinal akan berlaga di piala dunia U-19 di Selandia baru. Sebuah kebanggaan bagi kita semua bila tim junior kita mampu berlaga di ajang piala dunia.
Wisata ke Shwedagon | Pagoda Emas di Myanmar
Bila anda memiliki kesempatan menyaksikan langsung perjuangan tim Garuda Muda ke Myanmar maka singgah lah ke Shwedagon Pagoda yang berada di ibukota Myanmar yaitu Yangoon. Shwe artinya emas sedangkan dagon adalah nama kota sebelum berubah menjadi Yangoon. Maka Shwedagon artinya adalah pagoda emas yang berada di kota Yangoon. Pagoda ini memiliki ketinggian 326 kaki dengan keliling 1420 kaki. Pada bagian atas dilapisi emas sedangkan pada payungnya selain emas juga dihiasi dengan permata. Sungguh luar biasa dan mempesona bangunan pagoda ini. Bila dikonversikan dengan uang maka nilainya adalah tidak terhingga.

Konon Shwedagon Pagoda adalah tempat ibadah paling sakral di dunia bagi para pemujanya. Karena diyakini tempat ibadah ini telah berdiri sejak 2500 tahun yang lalu dimana Sang Buddha Gautama masih hidup. Namun dibalik kesakralan nya unsur seni yang bernilai tinggi tersaji di sini. Sekeliling bangunan dihiasi dengan ukiran, lukisan, pahatan, kesenian dan lukisan serta arca yang merupakan hasil karya terbaik.

Selain objek wisata pagoda Shwedagon, Myanmar juga memiliki beberapa lokasi wisata favorit lainnya seperti:
  1. Kyaikto (Golden Rock)
  2. Aung San Suu Kyi House (Rumah perjuangan Aung San Suu Kyi)
  3. Taukkyan War Cemetery (Pemakaman tentara persemakmuran Inggris)
  4. Pulau Kyauktan (Lokasi pertempuran antara bangsa Portugis dengan pemberintak Mon)
  5. Memoriam to The Forgotten War (monumen)
  6. Bogyoke Aung San Market (Pasar Kaki Lima)
  7. Botatoung Pagoda (Tempat ibadah)
  8. Inya Day Spa (Kesehatan)
  9. Studio square (Galeri pameran benda seni)
  10. Yangoon Zoo (Kebun binatang)
  11. Tomb Of Bagadur Syah Zafar (situs keagamaan)

 

Demikian sekilas tentang Wisata ke Shwedagon | Pagoda Emas di Myanmar. Semoga bermanfaat dan tidak lupa ucapan doa untuk keberhasilan tim nasional U-19. Terima kasih