Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya – Cariu – Bogor

Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya – Cariu – Bogor. Kali ini saya ingin mengajak pembaca ke Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya yang terletak di desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Masyarakat lebih mengenal dengan penangkaran rusa Cariu, karena dahulu lokasinya masuk kecamatan Cariu sebelum adanya pemekaran wilayah. Berdiri sejak tahun 1993 memliki luas lahan sekitar 5 hektar saja berada  dibawah pengawasan Dinas Perhutani Kabupaten Bogor.
Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya – Cariu - Bogor

Penangkaran ini memliki populasi rusa 70 ekor saja. Dalam sehari mereka menghabiskan rumput sekitar  600 kilogram dan ubi jalar serta dedak 60 kilogram. Menunya pun sudah ditentukan yaitu rumput untuk pagi hari, ubi jalar pada siang hari dan dedak malam harinya. Jenis rusa di sini adalah rusa jawa (Cervus timorensis), rusa tutul (axis axis) dan rusa bawean (axis kuhlii).

Tiket masuk yang dikenakan biaya Rp. 2500 saja. Untuk melakukan aktifitas lain seperti hicking atau wisata outbound ada tambahan Rp. 3000 per orang. Sedangkan bila ingin kemping atau berkemah ada biaya sewa lahan sebesar Rp. 300.000 per rombongan maksimal 200 orang. Untuk menuju lokasi wisata ini anda melalui jalur Jalan Raya Cileungsi – Jonggol. Dari Jakarta menempuh waktu sekitar 2 jam. (baca juga Rute Perjalanan Bekasi ke Cianjur Lewat Jonggol)
Kunjungi pula objek wisata menarik lainnya di Jawa Barat seperti Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor

Demikian artikel saya tentang Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya – Cariu – Bogor. Semoga bermanfaat dan menjadi pilihan destinasi wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih