Wisata Solo | Jawa Tengah : Loji Gandrung, Kediaman Resmi Walikota Solo

Wisata Solo | Jawa Tengah : Loji Gandrung, Kediaman Resmi Walikota Solo. Kota Solo menawarkan banyak objek wisata yang menarik dan beragam. Nama resmi kota ini sebenarnya adalah Surakarta yang memiliki arti Sura adalah keberanian dan karta yaitu sempurna. Sedangkan nama Solo diambil dari nama dusun ketika dibangunnya istana baru oleh Sunan Pakubuwana II. Namun di kalangan masyarakat luas lebih familiar dengan Solo dibandingkan Surakarta.
Wisata Solo | Jawa Tengah : Loji Gandrung, Kediaman Resmi Walikota Solo
Salah satu tujuan wisata di kota Solo adalah Loji Gandrung yang merupakan kediaman resmi walikota Solo. Tempat ini pernah dihuni oleh bapak Ir. H. Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi pernah menjabat sebagai walikota Solo periode 2005 – 2012. Seperti kita ketahui saat ini beliau adalah gubernur DKI dan mencalonkan diri sebagai presiden RI periode 2014-2019. Loji Gandrung memiliki arti Loji adalah rumah besar dan Gandrung adalah pesta atau acara ramah tamah. Disebabkan pada saat itu tempat ini sering digunakan oleh kolonial Belanda sebagai tempat mengadakan acara yang bersifat resmi atau kenegaraan maupun untuk kegiatan non formal semacam pesta dansa.
Lokasinya di Jl. Slamet Riyadi No. 261 yang berada di pusat kota Solo. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini dengan ciri khasnya yaitu patung Jendral Gatot Subroto yang berdiri gagah di halaman depannya. Beliau memiliki jasa saat memimpin pasukan untuk menyerang Belanda yang membonceng NICA pada tahun 1948.

Demikian artikel saya tentang Wisata Solo | Jawa Tengah : Loji Gandrung, Kediaman Resmi Walikota Solo. Semoga bermanfaat dan menambah khasanah pengetahuan anda tentang sejarah dan budaya tanah air tercinta. Terima kasih

Simak juga : Tiket Masuk Wisata Baturaden Purwokerto Jawa Tengah