Wisata Solok – Sumatera Barat : Danau Kembar Diateh dan Dibawah

Wisata Solok – Sumatera Barat : Danau Kembar Diateh dan Dibawah. Lokasinya berada di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Dikatakan kembar karena terdapat dua danau yang berdampingan hanya terpisah jarak 300  meter saja. Ke dua danau tersebut adalah danau Diateh (bahasa Minang : di atas) dan danau Dibawah. Dari kota Padang berjarak sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
Wisata Solok – Sumatera Barat : Danau Kembar Diateh dan Dibawah
 Ada keunikan dalam hal penamaan bila ditinjau dari posisinya.  Danau Diateh berada di bawah bukit sedangkan danau Dibawah justru berada di bagian atas bukit. Namun setelah ditelaah lebih lanjut  walaupun posisinya berada di atas bukit ternyata ketinggian permukaan air danau Dibawah sama tingginya dengan dasar danau Diatas yaitu 1600 meter diatas permukaan laut.
Umumnya pengunjung lebih memilih ke danau Diateh karena di sini mereka dapat menyentuh air danau, hal yang berbeda dengan danau Dibawah karena kondisinya yang dikelilingi oleh bukit-bukit besar dan jarak permukaan air yang jauh dari daratan kita berdiri.  Tiket masuknya hanya Rp. 2.000 saja. Kita dapat menaiki perahu yang melayani rute wisata untuk menikamati keindahan danau dan sekitarnya dikenakan tarif Rp. 5000 per orang.
Sebagai oleh-oleh anda dapat membeli markisa dan terung belanda yang merupakan buah khas daerah ini. Aneka bunga gunung lengkap dengan potnya bisa anda peroleh. Dan yang jangan sampai anda lewatkan adalah hiasan bunga kering sari gunung karena bunga yang tumbuh dari rumput sekitar danau yang hanya tumbuh setahun sekali.
Untuk anda yang ingin menginap dan menghabiskan malam di objek wisata ini ada beberapa pilihan tempat bermalam sesuai selera dan kemampuan keuangan anda. Mulai dari resort yang bertarif Rp. 250.000, villa yang memasang banrol Rp. 125.000 atau cottage seharga Rp. 100.000 per malamnya.

Demikian artikel saya tentang Wisata Solok – Sumatera Barat : Danau Kembar Diateh dan Dibawah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan wisata anda sebagai referensi  menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan rekan-rekan. Terima kasih.