Atraksi Balap Kerbau di Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Atraksi Balap Kerbau di Pantai Cipatujah Tasikmalaya.
Atraksi Balap Kerbau di Pantai Cipatujah Tasikmalaya
Pantai Cipatujah memang masih kalah pamor dengan pantai Pangandaran atau Pelabuhan Ratu di Sukabumi sebagai tujuan wisata pantai di daerah Jawa Barat. Padahal Pantai ini tidak kalah menarik pesona dan keindahannya. Dengan pasirnya yang landai dan tunbuhnya terumbu karang yang merupakan tempat bersarang dan bertelurnya ikan.  Perkebunan kelapa yang subur dan juga padang rumput yang luas.
Adanya padang rumput yang menyediakan banyak rumput segar inilah yang dimanfaatkan penduduk setempat untuk memberi makan ternak mereka dengan cara digembalakan di padang rumput ini. Di sela-sela menggembala inilah para peternak memanfaatkan waktu dengan mengadu lari kerbau-kerbau mereka. Sehingga ini yang menjadi asal muasal dari Atraksi Balap Kerbau di Pantai Cipatujah Tasikmalaya.

Atraksi balap kerbau atau munding dalam bahasa sundanya, telah menjadi pertunjukan andalan objek wisata ini. Dan ini terbukti dengan banyaknya para wisatawan bagi dari dalam maupun luar negeri sengaja berkunjung  ke pantai Cipatujah hanya untuk menyaksikan atau bahkan menaiki senidiri kerbau untuk beradu balap dengan kerbau pengunjung lain.
Semoga pengelola dan juga pemerintah mampu terus untuk mempertahankan tradisi yang unik ini sehingga akan meningkatkan jumlah pengunjung ke pantai Cipatujah pada khususnya dan kabupaten Tasikmalaya pada umumnya.

Pantai yang berada di desa Cipatujah, kecamatan Cipatujah, kabupaten Tasikmalaya. Berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Tasikmalaya. Jalur dari kota Tasikmalaya adalah melalui sukaraja ke Cibalong lalu Karangnunggal. Setelah itu masuk ke Batununggal maka tidak jauh kemudian kita temukan pantai Cipatujah ini.
Demikian artikel saya tentang Atraksi Balap Kerbau di Pantai Cipatujah Tasikmalaya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan anda bersama keluarga dan rekan.

One thought on “Atraksi Balap Kerbau di Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Comments are closed.