Cara Mengunjungi Istana Merdeka Di Program Wisata Istana Untuk Rakyat (ISTURA)

Cara Mengunjungi Istana Merdeka Di Program Wisata Istana Untuk Rakyat (ISTURA). Bagi anda   yang selama ini hanya dapat melihat istana merdeka dari jauh atau dari televisi. Kini dapat berkunjung  dan masuk ke dalamnya yakni pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB.
Cara Mengunjungi Istana Merdeka Di Program Wisata Istana Untuk Rakyat (ISTURA)
Tidak dikenakan biaya masuk, anda hanya cukup menunjukkan KTP atau SIM saja. Dan juga tidak perlu ada pengajuan surat permohonan, pengunjung langsung saja mendaftar pada saat hari kunjungan. Hal yang harus diperhatikan adalah pakaian dikenakan harus sopan. Jangan menggunakan kaos oblong , celana jeans dan juga sandal jepit.
Perlu anda ketahui, Istana kepresidenan terdiri  dari 2 istana, yaitu:
  1. Istana Merdeka yang menghadap monumen nasional (Monas), Istana merdeka berfungsi sebagai tempat presiden menerima tamu kenegaraan
  2. Istana Negara yang menghadap jalan Veteran.  Istana Negara adalah tempat tinggal keluarga presiden republik Indonesia. Oleh karena itu hanya istana merdeka saja yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.
Berikut adalah urutan pelaksanaan Program Wisata Istana Untuk Rakyat (ISTURA):
  1. Pengunjung  mendaftar ke tempat pedaftaran. Bagi yang dewasa menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau SIM sedangkan pelajar menyerahkan kartu pelajar. Di sini pengunjung akan mendapatkan ID Card dan juga akan difoto oleh petugas untuk alasan keamanan.
  2. Pengunjung akan diperiksa oleh keamanan istana menggunakan metal detector. Hanya boleh membawa dompet dan HP yang kondisinya dimatikan. Sedangkan semua barang dan peralatan yang kita bawa harus dititipkan di tempat penitipan yang telah disediakan oleh panitia.
  3. Pengunjung akan diantar oleh shuttle bus menuju ruang serba guna yang terletak di gedung  3 Sekretariat Negara. Di ruangan ini akan diputar film dokumenter tentang sejarah istana merdeka dan istana negara
  4. Sebelum memasuki Istana merdeka kita akan diperiksa kembali oleh petugas.
  5. Begitu memasuki istana kita akan terkagum-kagum dengan pesona  dan kemegahan yang terpancar.  Walaupun area pengunjung sangat terbatas namun melihat dari dekat dan berada langsung di istana merdeka sungguh pengalaman yang luar biasa.

Demikian artikel saya tentang Cara Mengunjungi Istana Merdeka Di Program Wisata Istana Untuk Rakyat (ISTURA) semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih