Rute Alternatif Ke Gadog Puncak Melewati Bukit Pelangi Sentul

Rute Alternatif Ke Gadog Puncak Melewati Bukit Pelangi Sentul. Puncak Bogor selalu menjadi magnet bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu liburnya baik bersama keluarga maupun rekan. Jalur yang umumnya digunakan para pelancong dari Jakarta atau Bekasi adalah melalui Bogor – Ciawi – Puncak. Namun perjalanan ke sana dengan jalur biasa ini memerlukan perjuangan ekstra menghadapi kemacetan parah yang selalu terjadi di daerah ini terutama di akhir pekan.
Rute Alternatif Ke Gadog Puncak Melewati Bukit Pelangi Sentul
Bagi warga Bekasi yang ingin menikmati perjalanan ke Puncak dengan nyaman tanpa macet, simak cerita saya berikut ini. Rute yang kita pilih adalah melalui daerah Sentul. Untuk memudahkan pembaca, saya akan membaginya dalam 2 etape.
1. Etape pertama  : Bekasi – Citeureup – Sirkuit Sentul.
Rute ini dapat dikatakan sangat familiar bagi kita. Jalur yang dilalui tidak rumit dan membingungkan  karena treknya yang lurus saja sehingga anda akan mudah mecapainya. Namun sekedar mengingatkan kembali, dari Bekasi melewati Bantargebang – Cileungsi – Gunung Putri – Citeureup – Hambalang dan setelah itu tibalah kita di Sirkuit Internasional Sentul.

Didaerah Sentul kita dapat beristirahat di Alam Fantasia Sentul

2. Etape kedua : Sirkuit Sentul – Bukit Pelangi – Gadog Puncak

Di etape inilah diperlukan konsentrasi lebih sebab selain jalannya yang banyak persimpangan juga medannya yang agak sempit dan turun naik perbukitan. Namun anda jangan berkecil hati karena justru di daerah perbukitan ini akan disajikan pemandangan yang akan menyejukkan mata dan menentramkan hati kita.

Dari sirkuit Sentul bergerak ke arah Babakan Madang, tiba di daerah tersebut ambil jalur menuju Sentul selatan. Perhatikan dengan baik papan penunjuk arahnya sebab anda justru bisa nyasar ke gunung Pancar. Sesampainya di daerah Sentul Selatan ambil jalan menuju Rainbow Hill atau Bukit Pelangi. Anda akan bertemu gerbangnya ditandai dengan gapura yang besar dan megah, tidak perlu ragu untuk melintas karena merupakan akses jalan umum, jangan lupa untuk permisi sekaligus bertanya kepada sekuriti yang berjaga. Karena kalau sok tahu anda malah menemui jalan buntu di tengah perkebunan warga.
Medan jalan setelah Bukit Pelangi akan berkelok-kelok dan naik turun. Bila anda berkonvoi bersama rombongan usahakan kecepatan rendah saja dengan formasi satu-satu. Resiko terburuk yakni bisa terperosok ke jurang. Ikuti saja jalur ini maka anda akan muncul di daerah Gadog Puncak KM 72.
Daerah puncak yang terkenal wisatanya antara lain Taman Riung Gunung atau juga kebun raya Cibodas
Tip untuk Rute alternatif ke Gadog Puncak melewati bukit Pelangi Sentul adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan kondisi anda dan kendaraan dalam keadaan prima.
  2. Rute ini lebih cocok untuk kendaraan roda dua. Bila menggunakan mobil harus memiliki supir yang handal karena jalannya yang relatif sempit untuk ukuran mobil.
  3. Isi bensin saat di daerah Sentul selatan dan juga angin ban anda. Sebab setelah melewati daerah ini sudah tidak ada lagi SPBU.
  4. Sebaiknya perjalanan dilakukan di siang hari, selain faktor keamanan juga kita dapat menikmati pemandangan Bogor dan sekitarnya dari ketinggian di daerah Bukit Pelangi
  5. Jangan malu bertanya dan perhatikan rambu penunjuk arah, untuk menghindari anda tersesat

Demikian artikel saya tentang Rute Alternatif Ke Gadog Puncak Melewati Bukit Pelangi Sentul. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih