Tradisi Ketupat Di Indonesia Perpaduan Antara Budaya Dan Agama

Tradisi Ketupat Di Indonesia Perpaduan Antara Budaya Dan Agama. Ketupat telah menjadi simbol dari hari raya lebaran Idul Fitri yang dirayakan oleh umat Islam setiap tahunnya pada tanggal 1 Syawal setelah menjalani ibadah puasa satu bulan penuh di bulan Ramadan. Tidak hanya sekedar simbol namun ketupat memiliki makna yang luas dan mendalam.
Tradisi Ketupat Di Indonesia Perpaduan Antara Budaya Dan Agama
Tradisi ini lebih condong pada budaya ketimbang segi agama namun tetap tidak melanggar aqidah, karena dalam ajaran Islam tidak mengenal makanan yang satu ini. Namun seiring dengan masuknya Islam oleh Walisongo ke tanah Jawa yang budayanya amat kental hingga muncul akulturasi budaya dan ajaran agama.
Saya akan mengajak pembaca untuk melihat tradisi apa saja yang dilakukan oleh masyrakat kita yang menjadikan ketupat sebagai tema atau menu utama dari tradisi tersebut. Berikut adalah tradisi tersebut:
  1. Jakarta / Betawi : Malam ketupat. Dilaksanakan setelah selesai shalat tarawih saat mulai memasuki malam ke 20 bulan Ramadan.
  2. Magelang, Jawa Tengah : Nyadran, untuk menghormati para leluhur dengan ketupat dan sayur brongkos menjadi menu utama
  3. Juwana, Jawa Tengah. Bakdo kupat atau bakdo kecil. Dinamakan demikian karena tradisi ini mengistimewakan para anak-anak. Dimana mereka akan diundang ke rumah-rumah untuk berdoa keselamatan, kepandaian dan rezeki. Setelah itu menyantap bersana ketupat yang disediakan.
  4. Bojonegoro, Jawa Timur : Megengan. Untuk menyambut datangnya bulan Ramadan
  5. Madura, Jawa Timur : Ketupat Raksasa. Kecamatan Camplong, Sampang. Ketupat ini memang ukurannya luar biasa dibanding dengan ukuran ketupat normal.  Kulitnya pun bukan lagi janur kelapa melainkan dari daun nira. Dilaksanakan pada saat lebaran ketupat
  6. Tempilang, Bangka Belitung : Perang ketupat. Dinamakan perang bermaksud untuk melawan kekuatan jahat. Di lakukukan setiap tanggal 15 di bulan Sya’ban.
  7. Binjai, Sumatera Utara: Kenduri Ketupatan, hari 15 di bulan ramadan. Ungkapan wujud syukur telah menyelesaikan setengah bulan Ramadan dan berdoa untuk terus diberi kesehatan dan kekuatan  sampai hari raya Idul Fitri.
  8. Singkawang, Kalimantan Barat : Ketupat melayu. 7 hari setelah lebaran. Menikmati ketupat bersama masyarakat dengan diiringi kesenian melayu. Selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk terus melestarikan kebuadayaan melayu.
  9. Gorontalo, sulawesi utara. Lebaran ketupat atau lebaran sunat. Menyajikian ketupat dan kuliner khas Gorontalo yaitu kue bulu. Dilakukan pada hari 7 bulan Syawal.

 

Demikian artikel tentang Tradisi Ketupat Di Indonesia Perpaduan Antara Budaya Dan Agama. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan referensi pengetahuan pembaca. Terima kasih