Wisata di Rawa Bening Jakarta, Pusat Batu Cincin Terbesar Indonesia

Wisata di Rawa Bening Jakarta, Pusat Batu Cincin Terbesar Indonesia. Setelah direnovasi dan dibangun kembali, nama resminya adalah Jakarta Gems Center (JGC) Rawa Bening. Namun lebih terkenal dengan nama Pasar Rawa Bening. Jakarta Gem Center Rawa Bening berdiri di atas lahan seluas 10,866 meter persegi yang terdiri dari 3 lantai. Memiliki 897 kios, 372 counter, 56 kios makanan dan minuman serta 30 kios ikan hias. Bahkan di sini terdapat laboratorium sertifikasi yang berfungsi mengeluarkan sertifikat untuk sebuah batu yang menerangkan kandungan material yang dimiliki oleh batu tersebut sehingga menjamin pembeli tidak tertipu saat bertransaksi.

Wisata di Rawa Bening Jakarta, Pusat Batu Cincin Terbesar Indonesia

 

 

Sejarah dari Pasar Rawa Bening dimulai pada tahun 1980. Dahulu tempat ini adalah sebuah pasar umum yang menjual sayur dan aneka kebutuhan rumah tangga. Para penjual batu menggelar lapaknya di area parkir pasar ini. Jumlahnya sekitar 15 pedagang saja namun terus bertambah dan pengunjung pun makin ramai datang ke tempat ini. Pada tahun 1990-an, predikat sebagai pusat batu cincin di Jakarta sudah melekat pada Rawa Bening. Akhirnya sekitar tahun 2005 dibangunlah Jakarta Gem Center Rawa Bening.

Sebagai pusat batu cincin terbesar dan terlengkap di Indonesia, pasar rawa Bening menyediakan semua jenis batu dari tanah air. Sehingga jenis batu apapun yang anda cari, dijamin anda dapatkan di tempat ini. Apalagi jenis batu tersebut yang sedah trend maka semakin mudah kita mendapatkannya.

Berikut batu cincin yang tersedia di Pasar Rawa Bening, antara lain:

  • Batu Bacan dari Halmahera
  • Batu Keladen Pacitan
  • Batu Garut dan Pancawarna dari Garut Jawa Barat
  • Batu Kalimaya dan Opal dari Banten
  • Batu anggur dan spiritus dari Lampung
  • Batu kecubung dari Kalimanatan
  • Batu Lumut Sungai dareh dari Dharmasraya

Hal yang menjadi keunggulan dari pasar Rawa bening adalah juga tentang harga. Harga yang ditawarkan bahkan sampai setengah dibandingkan dengan kita membeli di luar. Oleh karena itulah banyak pemakai atau para pembeli yang akan menjual lagi memilih tempat ini untuk berburu dan belanja batu cincin.

Untuk menuju pasar Rawa bening cukup mudah. Patokan utama adalah stasiun Jatinegara karena lokasinya yang persis berseberangan dengan Jakarta Gems Center (JGC) Rawa Bening. Oleh karena itu bagi anda yang akan berkunjung pertama kali ke pasar Rawa Bening tidak perlu khawatir tersesat.

Demikian artikel saya tentang Wisata di Rawa Bening Jakarta, Pusat Batu Cincin Terbesar Indonesia. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.