Wisata Gunungkidul Yogyakarta : Naik ‘Pajero’ Ke Goa Pindul Bejiharjo

Wisata  Gunungkidul  Yogyakarta : Naik ‘Pajero’ Menuju Goa Pindul Bejiharjo. Goa Pindul terletak di desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Objek wisata ini telah menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta untuk menyempatkan diri singgah ke goa ini karena terpesona dengan keunikan dan keindahan yang ditawarkan oleh Gua Pindul. Goa ini berbentuk lorong dengan panjang 350 meter. Sepanjang  goa mengalir  sungai yang memiliki lebar 5 meter dengan kedalaman sungai  6 sampai 12 meter.  Nama Pindul diambil dari singkatan kata pipi dan kebendul (terbentur).  Kisahnya yaitu ketika pada jaman Mataram seorang bayi terbentur pipinya di goa ini. Sehingga kemudian goa ini dinamakan dengan nama Goa Pindul.
Wisata Gunungkidul Yogyakarta : Naik ‘Pajero’ Ke Goa Pindul Bejiharjo

 

Untuk menikmati pesona goa Pindul, kita akan menyusurinya dengan cara  duduk menggunakan ban yang telah disediakan oleh pengelola. Pertama kita akan melewati zona terang sehingga tampak keindahan goa yang diselimuti oleh stalaktit dan stalagmit dengan tetesan airnya. Lalu bergerak menuju ke zona remang.

Setelah itu semakin ke dalam memasuki goa akan ada zona gelap, dimana pengunjung tidak dapat sama sekali melihat sekeliling. Tak berlangsung lama setelah zona gelap, sebuah karya alam yang luar biasa tersaji di sini. Lubang besar yang terdapat di atas goa membuat masuk cahaya matahari. Keindahan goa terpancar di sini dengan air sungai nya yang jernih akan membuat kita tidak dapat menahan diri untuk menceburkan diri merasakan kesegaran air goa Pindul.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke sana, berikut ini adalah rute menuju Goa Pindul:
  • Berangkat dari kota Yogyakarta
  • Jalan raya Wonosari
  • Piyungan
  • Bukit Patuk
  • Hutan bunder
  • Lapangan Gading
  • Air mancur bundaran Siyono
  • Gerbang desa Bejiharjo ada disebelah kiri jalan

Setelah sampai di desa Bejiharjo inilah kita akan diantar oleh mobil Pajero. Yang ternyata merupakan mobil pickup yang disediakan oleh penduduk setempat untuk menuju lokasi, bukan Pajero Sport keluaran pabrikan Mitusubishi.

Gua Pindul  mulai dibuka untuk umum sejak 30 Juni 2010. Tarif yang berlaku adalah sebesar  35.000 rupiah. Pengunjung akan mendapatkan fasilitas ban karet, jaket pelampung, headlamp, pemandu dan loker penyimpanan barang. Dengan fasilitas ini pengunjung  akan dapat menikmati keindahan goa Pindul dengan aman dan nyaman.
Demikian artikel saya tentang  Wisata Gunungkidul Yogyakarta : Naik ‘Pajero’ Ke Goa Pindul Bejiharjo semoga dapat bermanfaat bagi anda dan menjadi referensi mengisi waktu liburan bersama keluarga dan rekan. Terima kasih