Wisata Islami ke Masjid Cut Meutia Menteng – Jakarta

Wisata Islami ke Masjid Cut Meutia Menteng – Jakarta. Masjid ini terletak di Jl. Cut Meutia No 1, Menteng, Jakarta. Bagi anda yang pertama kali ke tempat ini mungkin cukup kesulitan menemukan masjid ini karena bentuknya yang berbeda dengan masjid pada umumnya. Tidak terdapat kubah di atas bangunan melainkan bentuk kubus. Hal ini berkaitan dengan sejarahnya yang cukup panjang karena awalnya masjid ini adalah sebuah kantor pada jaman penjajahan Belanda. Perjalanan waktu mengubah bangunan ini menjadi sebuah masjid.
Wisata Islami ke Masjid Cut Meutia Menteng – Jakarta

Sejarah berawal ketika pada tahun 1879 didirikan sebuah bangunan yang diperuntukkan untuk kantor biro arsitek dan develover  Naamloze Vennootschap atau PT. Bouwploeg. Lalu berturut-turut berubah fungsi menjadi kantor pos, kantor jawatan kereta api dan menjadi kantor kampetai angkatan laut Jepang dari tahun 1942 hingga tahun 1945 pada jaman pendudukan Jepang. Setelah Indonesia merebut kemerdekaan, kembali gedung ini beralih fungsi dari kantor perusahaan air minum, urusan perumahan Jakarta hingga kantor urusan agama. Bahkan sempat pula dipakai sebagai gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS).

Akhirnya ketika gubernur DKI Ali sadikin mengeluarkan Surat Keputusan (SK) no 5184 / 1987 pada tanggal 18 Agustus 1987 diresmikan menjadi masjid tingkat provinsi dengan nama Cut Meutia. Nama yang diambil dari nama jalan berdirinya masjid ini.

Tidak hanya dari tampak luarnya saja yang cukup unik, saat memasuki dalam masjid ada beberapa hal yang menarik untuk disimak.
  1. Mihrab tempat khatib menyampaikan khutbah terletak disebelah kiri dan tidak berdampingan dengan tempat imam yang berada di tengah.
  2. Barisan saf shalat dibuat miring 15 derajat  terhadap gedung ini karena posisi gedung yang tidak menghadap kiblat

Letaknya yang berada di kawasan elit Menteng menjadikan banyak para pejabat tinggi negara dan panglima TNI yang melaksanakan ibadah terutama shalat Jumat di masjid Cut Meutia. Para pegawai, atase dan duta besar negara sahabat juga memilih masjid ini. Namun kembali pada khittahnya bahwa siapa pun bahwa kita terutama di dalam masjid memiliki kedudukan yang sama di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mengunjungi dan melaksanakan ibadah jangan ragu dan khawatir untuk datang ke masjid Cut Meutia.

Demikian artikel saya tentang  Wisata Islami ke Masjid Cut Meutia Menteng – Jakarta. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih