Wisata Permata : Batu Cincin Kecubung Ungu Kalimantan

Wisata Permata : Batu Cincin Kecubung Ungu Kalimantan.  Kali ini saya akan mengajak pembaca untuk Wisata Permata : Batu Kecubung Kalimantan. Pulau ini merupakan salah satu penghasil kecubung di dunia terutama yang berwarna ungu. Beberapa kota di Kalimantan penghasil batu kecubung adalah Palangkaraya, Pangkalan Bun, Sampit, Muara teweh dan Banjarmasin. Namun yang paling terkenal dan terbaik yaitu kota Martapura di Kalimantan Selatan. Sedangkan negara luar adalah Brasil, Argentina, uruguay, Bolivia, Namibia, Zambia dan beberapa negara Afrika.
Wisata Permata : Batu Cincin Kecubung Ungu Kalimantan
 Batu kecubung merupakan jenis kwarsa atau material supercomposite yang memiliki kekerasan level 7 pada skala Mohs. Salah satu warna yang menjadi favorit para penggemar batu tanah air adalah ungu. Batu yang berjenis kuarsa ungu disebut batu amethys. Amethys berasal dari bahasa latin yang berarti tidak mabuk.  Ini tidak terlepas dari sejarahnya dimana pada jaman dahulu batu ini dapat mengurangi kadar mabuk seseorang yang minum anggur.

Pada awalnya batu kecubung dikategorikan sebagai permata kelas satu yang setara dengan zamrud, safir, ruby bahkan berlian. Namun seiring dengan banyaknya ditemukan sumber-sumber tambang batu ini sehingga justru membuat nilainya berkurang karena berlimpahnya stock barang di pasaran. Saat ini batu kecubung hanya masuk level 2 saja di kelas permata. Namun untuk segi popularitas, batu kecubung tetap di papan atas di kalangan pecinta dan kolektor batu di tanah air.

 Beberapa kegunaan dan khasiat dari batu kecubung antara lain
  1. Memancarkan pesona bagi pemakainya efek dari pancaran kristalnya
  2. Memiliki efek menenangkan, mendamaikan, menyeimbangkan
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Melindungi pengguna dari asam urat
  5. Mencegah mimpi buruk

Nilai kebenaran dari berbagai kegunaannya masih sekedar dari mulut ke mulut, belum lagi dari segi mistisnya yang beredar di masyarakat. Namun semua kembali kepada kita pemakai dan pecinta batu kecubung ungu ini. Jangan sampai pemahaman kita menjadi melenceng dari akidah yang kita miliki.

Demikian artikel saya tentang Wisata Permata : Batu Cincin Kecubung Ungu Kalimantan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi pengetahuan anda tentang permata tanah air. Terima kasih