Wisata Tasikmalaya | Jawa Barat : Mutiara Dari Priangan Timur

Wisata Tasikmalaya | Jawa Barat : Mutiara Dari Priangan Timur. Kali ini saya akan mengajak pembaca ke daerah priangan timur yaitu Tasikmalaya. Sebuah daerah yang cukup sejuk udaranya dan memiliki tanah yang subur sehingga mayoritas penduduknya bermata pencaharian petani. Namun selain pertanian, beberapa produk kerajinan tangan menjadi andalan kota ini seperti kreasi dari bambu, batik, bordir dan payung kertas.
Kabupaten Tasikmalaya ini memiliki luas 2,563 km persegi. Dibagi dalam 39 kecamatan dan memiliki 351 desa dan kelurahan.  Ibukotanya adalah Singaparna. Disebut kota santri karena memiliki sekitar 800 pesantren. Hari jadi kabupaten Tasikmalaya adalah 21 Agustus 1111 berdasarkan prasasti geger hanjuang yang merupakan simbol penobatan Batara Hyang sebagai raja Galunggung.
Nama Tasikmalaya diambil dari Tasik yang berarti danau dan Malaya adalah bertebaran. Hal ini berkaitan dengan sejarahnya  ketika gunung galunggung meletus, wilayah Sukapura yang menjadi pusat pemerintahan kerajaan Galunggung berubah menjadi tasik atau danau. Sehingga Tasikmalaya artinya danau yang bertebaran atau danau di gugusan bukit. Terbukti secara geografis wilayah Tasikmalaya sekitar 90 % berada di daerah perbukitan.

Banyak tokoh terkenal yang dilahirkan oleh kota Tasikmalaya antara lain: Susi Susanti, mantan pebulutangkis nasional peraih medali emas olimpiade. Penyanyi dangdut seperti Rhoma Irama, Itje Trisnawati dan Evie Tamala juga berasal dari kota ini.

Dari ibukota Jakarta, untuk menuju Tasikmalaya ditempuh sekitar 4 jam melalui tol Cipularang, namun akan lebih panjang waktunya menjadi sekitar 6 jam bila lewat jalur Puncak – Cianjur – Bandung. Merupakan jalur selatan mudik sehingga saat lebaran tiba terjadi kepadatan lalu lintas yang luar biasa. Perjalanan akan memakan waktu hingga 12 sampai 16 jam. Oleh karena itu bila anda berniat berwisata ke Tasikmalaya hindari saat arus mudik tiba karena anda pasti terjebak kemacetan panjang.
Wisata Tasikmalaya | Jawa Barat : Mutiara Dari Priangan Timur
Lokasi wisata yang dapat  anda kunjungi bila berada di Tasikmalaya adalah:
  1. Gunung galunggung, kecamatan Sukaratu : melihat dari dekat kawah gunung galungung yang berada di ketinggian 2167 meter di atas permukaan laut
  2. Kampung Naga, kecamatan Salawu : sebuah pemukiman yang masih memegang teguh adat, aturan dan tradisi Sunda.
  3. Cipanas Cipacing, kecamatan Sukaresik : menikmati dengan mandi atau berendam di kolam air hangat yang sangat baik bagi kesehatan.
  4. Curug Citiis, kecamatan Padakembang : air terjun dengan kesejukan air dan pemandangan alamnya membuat anda segar
  5. Curug Dendeng, kecamatan Cikatomas : keunikan dari air terjun yang memiliki susunan tiga tingkat masing-masing 13 meter, 11 meter dan 9 meter.
  6. Gua Daha, kecamatan Sodong hilir : sebuah gua yang merupakan makam para leluhur.
  7. Pantai Cipatujah, kecamatan Cipatujah : pantai yang memiliki hamparan pasir putih, terumbu karang yang indah.
  8. Pantai Pamayang Sari, kecamatan Cipatujah : terdapat tempat penangkaran penyu hijau.
  9. Pantai Sindang Kerta, kecamatan Cipatujah : memiliki taman laut atau taman lengsar dengan pesona luar biasa
  10. Pantai Karang Tawulan, kecamatan Cikalong : pantai nya landai dan memiliki karang-karang yang dihuni oleh burung pada musim tertentu.
  11. Pusat kerajinan tangan di Kecamatan Rajapolah: bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh kerajinan tangan khas Tasikmalaya.

Demikian artikel tentang Wisata Tasikmalaya | Jawa Barat : Mutiara Dari Priangan Timur. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan  wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih.