Menara Jam Gadang | Maskot Wisata Bukittinggi

Menara Jam Gadang | Maskot Wisata Bukittinggi. Kali ini saya akan membahas tentang Jam Gadang yang merupakan maskot wisata kota Bukittinggi. Gadang dalam bahasa Minang adalah besar dan memang 4 buah jam ini memiliki ukuran yang cukup besar yakni masing-masing berdiameter 80 centimeter yang diletakkan kokoh menjulang di menara setinggi 26 meter.  Jam Gadang ini sudah merupakan maskot wisata tidak saja hanya untuk kota Bukittinggi namun juga Sumatera Barat bahkan Sumatera pada umumnya. Oleh karena itu bila kita mengunjungi Bukittinggi tidak afdol rasanya bila tidak ke Jam Gadang.
Menara Jam Gadang | Maskot Wisata Bukittinggi
Yang mungkin belum diketahui oleh masyrakat adalah ternyata Jam Gadang ini merupakan titik nol kilometer kota Bukittinggi. Titik nol ini menjadi acuan atau markah untuk mencari berapa jarak yang ditempuh oleh kita dari Bukittinggi ke daerah lainnya.
Jam Gadang memiliki catatan sejarah yang cukup panjang. Jam nya merupakan hadiah dari ratu belanda sedangkan bangunan menara dirancang oleh putera daerah yakni Yazid Rajo Mangkuto. Jam ini dibuat di Jerman dan mesin jamnya hanya dibuat 2 buah di dunia. Satunya lagi adalah Big Ben yang berda di kota London Inggris. Dengan beberapa perubahan pada bagian puncak menara dan akhirnya atap gonjong hingga saat ini.

 

Demikian artikel tentang Menara Jam Gadang | Maskot Wisata Bukittinggi. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan anda berlibur bersama keluarga dan rekan. Terima kasih.