Ngalau Kamang, Agam, Sumatera Barat | Saksi Sejarah Perjuangan Tuanku Nan Renceh

Ngalau Kamang, Agam, Sumatera Barat | Saksi Sejarah Perjuangan Tuanku Nan Renceh. Ngalau dalam bahasa Minangkabau adalah goa. Ngalau Kamang berlokasi di Kabupaten Agam, tepatnya di Jorong Durian, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Magang Madek. Untuk menuju lokasi bila anda dari Bukittinggi berjarak sekitar 10 kilometer atau dibutuhkan 30 menit perjalanan. Goa ini memiliki panjang sekitar 5 kilometer dihiasi oleh  stalagnit dan stalagtit yang cukup indah pada dinding dan langit-langit sehingga menjadikan objek wisata alam yang luar biasa. (Baca juga Wisata Danau Tarusan Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat)

Ditunjang dengan segi sejarah dimana pernah dijadikan markas oleh Tuanku Nan Renceh yang merupakan pengikut sekaligus perwira  Tuanku Imam Bonjol saat berkobarnya perang Paderi melawan penjajah. Dimana terdapat sebuah ruangan seluas 70 meter persegi untuk tempat berkumpulnya para prajurit Tuanku Nan Renceh mengatur strategi menghadapi lawan.

Ngalau Kamang, Agam, Sumatera Barat | Saksi Sejarah Perjuangan Tuanku Nan Renceh
Namun akibat adanya eksplorasi di sekitar goa ini seperti penambangan kapur, mengurangi keindahan alam yang tersaji sehingga hal ini juga berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke Ngalau Kamang. Dibutuhkan penangaan dan perhatian khusus dari masyarakat terutama pemerintah setempat untuk mengembalikan kejayaan tempat wisata sehingga selain tetap lestarinya lingkungan juga dapat menjadi sumber pendapatan daerah serta meningkatkan kehidupan sosial masyarakat setempat karena banyaknya wisatawan ke daerah mereka.

 

Demikian artikel  Ngalau Kamang, Agam, Sumatera Barat | Saksi Sejarah Perjuangan Tuanku Nan Renceh. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih.