Bada Masiak | Oleh-Oleh Wisata Danau Maninjau

Bada Masiak | Oleh-Oleh Wisata Danau Maninjau. Kali ini saya akan mengajak pembaca untuk menikmati kuliner dari Minangkabau tepatnya dari danau Maninjau. Bada masiak merupakan ikan Bada yang dikeringkan. Pasti terasa asing di telinga anda mendengar ikan Bada, hal ini karena jenis ikan ini tidak ada di daerah lainnya hanya terdapat di danau Maninjau Sumatera Barat.
Bentuk dari ikan ini hanya memiliki panjang sekitar 7 centimeter saja dan ukuran badannya kira-kira sebesar jari kelingking. Memang ada yang menyerupai dari ikan Bada ini yaitu ikan Bilih yang sudah terlebih dahulu terkenal sebagai produk dari danau Singkarak juga di Sumatera Barat. Namun ada perbedaannya yaitu dari segi fisik ukuran badannya lebih pendek, lalu sisiknya pun lebih halus dan terang.  Sedangkan dari segi rasa Ikan Bada lebih manis dan gurih.
Bada Masiak | Oleh-Oleh Wisata Danau Maninjau
Karena hanya terdapat di danau Maninjau inilah maka tidak heran bila anda memesan menu Bada Masiak di rumah makan Padang harga satu porsinya melampui harga rendang. Bahkan tidak setiap saat menu ini tersedia karena ikan Bada hanya banyak saat musim hujan, sedangkan bila musim kemarau akan sulit menemukan ikan Bada. Oleh karena itu bila anda mengunjungi Danau Maninjau jangan lupa untuk menyempatkan membeli oleh-oleh yang satu ini untuk keluarga atau rekan di rumah.
Demikian artikel Bada Masiak | Oleh-Oleh Wisata Danau Maninjau. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang wisata kuliner tanah air. Terima kasih