Wisata pesisir selatan | Jembatan Akar dan Ikan Larangan

Wisata pesisir selatan | Jembatan Akar dan Ikan Larangan. Objek wisata alam ini terletak di Painan,  Kabupaten Pesisir,  Selatan Sumatera Barat. lokasi tepatnya yaitu berada di Nagari Puluik, Asam Kumbang, Kecamatan Bayang Utara. Jembatan akar yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan titian aka ini adalah akar dari dua buah pohon beringin yang dipisahkan oleh sungai lalu membentuk sebuah jembatan. Memiliki bentang panjang 25 meter lalu lebar 1.5 meter serta 10 meter dari dasar sungai Batang Bayang.  Kehebatan dari Jembatan ini adalah semakin lama umurnya justru semakin kuat karena akarnya yang semakin membesar.
Rute menuju ke lokasi dari kota Padang menempuh jarak 90 kilometer. Dalam perjalanan kita akan dimanjakan oleh pemandangan laut lengkap dengan pohon nyiur yang melambai seolah memberikan salam kedatangan kita setelah itu hamparan sawah yang sedang menguning laksana permadani yang terbentang. Begitu tiba di persimpangan Pasar Baru Painan kita mengambil arah yang ke kanan dan tak lama dari sini kita akan tiba di Jembatan Akar.
Wisata pesisir selatan | Jembatan Akar dan Ikan Larangan
Tiket masuk Jembatan akar tidak ada alias gratis. Kita hanya membayar parkir kendaraan saja. Ada yang perlu diperhatikan saat bermain air di sungai Batang Bayang yaitu tidak boleh mengganggu atau menangkap ikan larangan yang hidup di sungai ini karena sudah menjadi peraturan adat dari masyarakat setempat sehingga bila melanggar akan terkena hukum adat.

 

Demikian artikel Wisata pesisir selatan | Jembatan Akar dan Ikan Larangan. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama rekan dan keluarga. Terima kasih