Anjungan Sumatera Barat TMII | Melepas Rindu Kampung Halaman

Anjungan Sumatera Barat TMII | Melepas Rindu Kampung Halaman. Kali ini saya akan mengajak pembaca ke  salah satu wahana yang terdapat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu anjungan Sumatera Barat. Mengunjungi anjungan ini serasa pulang kampung bagi kita yang berasal dari ranah Minang. Anjungan Sumatera Barat ini menjadi favorit bagi pengunjung TMII. Setiap bulannya tercatat kunjungan sekitar 10.000 turis domestik dan 6.000 dari mancanegara. Dan ini tidak mengherankan karena TMII merupakan tujuan utama tempat wisata di Jakarta.
Anjungan Sumatera Barat TMII | Melepas Rindu Kampung Halaman

Terdapat  5 bangunan utama yakni  rumah gadang / rumah besar  yang khas dengan atap bagonjongnya, Balairung  sebagai ruang pertemuan, Rangkiang / lumbung padi yang berfungsi untuk menyimpan hasil panen, Surau / musholla sebagai tempat beribadah, Rumah adat suku Mentawai. Memasuki rumah gadang kita harus menaiki tangga dulu. Karena sedianya memang aslinya rumah gadang itu berbentuk panggung yang ditopang oleh tiang. Saat berada di dalam ruangan kita akan menyaksikan pelaminan khas Minangkabau, peralatan pertanian, alat musik tradisional dan juga pakaian adat dari beberapa kabupaten di Sumatera Barat.

Anjungan Sumatera Barat TMII | Melepas Rindu Kampung Halaman
Bila kita beruntung, dapat menyaksikan pentas kesenian seperti tarian dan lagu atau juga upacara adat Minang yang bertempat di balairung. Banyak hal yang dapat dipelajari dari objek wisata ini selain hiburan juga pendidikan budaya dimana kita akan lebih mengenal adat istiadat dan kesenian Minangkabau.
Anjungan Sumatera Barat TMII | Melepas Rindu Kampung Halaman

Demikian artikel tentang Anjungan Sumatera Barat TMII | Melepas Rindu Kampung Halaman. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi kunjungan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih