Perjalanan Wisata Bogor ke Cianjur Naik Kereta Api Pangrango

Perjalanan Wisata Bogor ke Cianjur Naik Kereta Api Pangrango. Bagi kita ingin melakukan perjalanan ke kota Cianjur namun jenuh dan bosan dengan ramai dan macetnya kawasan Puncak, kini ada alternatif transportasi pilihan yaitu menggunakan kereta api Pangrango.
Ya, jalur kereta ini baru diaktifkan kembali sejak Februari 2014.  Tarif untuk jurusan  Bogor – Cianjur bervariasi. Untuk kelas ekonomi adalah 40.000 rupiah sedangkan yang eksekutif 85.000 rupiah.  Tarif ini menggunakan sistem single tariff  yaitu jauh dekat tarifnya sama.
Perjalanan Wisata Bogor ke Cianjur Naik Kereta Api Pangrango
Keberangkatan dari stasiun Paledang Bogor yang letaknya tidak jauh dari stasiun Bogor. Dalam satu hari ada 2 jadwal keberangkatan yaitu 07.55  dan 13.25 WIB. Dari Bogor ke Cianjur akan melintasi 14 stasiun dan berhenti di setiap stasiunnya, yaitu:
  1. Stasiun  Batu tulis
  2. Stasiun  Maseng
  3. Stasiun  Cigombong
  4. Stasiun  Cisurug
  5. Stasiun  Parung kuda
  6. Stasiun  Cibadak
  7. Stasiun  Karang tengah
  8. Stasiun  Cisaat
  9. Stasiun  Sukabumi
  10. Stasiun  Gandasoli
  11. Stasiun  Cireungas
  12. Stasiun  Lampegan
  13. Stasiun  Cibeber
  14. Stasiun  Cilaku

Dengan hadirnya kereta api Bogor – Cianjur ini selain meningkatkan perekonomian masyarakat karena ongkos yang dikeluarkan lebih irit  juga menggairahkan potensi wisata daerah. Bila sebelumnya akses untuk menuju sebuah lokasi wisata sangat sulit kini menjadi mudah terjangkau. Sehingga objek-objek wisata baru pun mulai bermunculan.

Yang paling berkesan adalah ketika kereta yang kita tumpangi melintasi sebuah terowongan sepanjang 400 meter di desa Cibokor yang terletak sebelum stasiun Lampegan, Cianjur. Suasana kegelapan saat memasuki perut terowongan lalu terang kembali saat keluar terowongan menjadi sebuah sensasi yang luar biasa.

 

Demikian artikel Perjalanan Wisata Bogor Ke Cianjur Naik Kereta Api Pangrango. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita semua. Terima kasih